Politeknik Negeri Sambas (Poltesa) Kalimantan Barat berhasil memborong empat juara dalam lomba akuntansi vokasi nasional 2023 dalam Simposium Nasional Akuntansi Vokasi (SNAV) XI dan Olimpiade Akuntansi Vokasi (OAV) VI yang diadakan di Politeknik Negeri Balikpapan.

"Sebanyak 25 Politeknik se-Indonesia ikut berpartisipasi SNAV XI dan OAV VI 2023 dengan rincian 128 mahasiswa, 30 dosen pendamping, dan 20 ketua jurusan serta 50 peserta SNAV, dengan total keseluruhan 228 peserta. Poltesa raih empat juara, " ujar Koordinator Program Studi (Kaprodi) Akuntansi Keuangan Perusahaan (AKP), Eko Febri Lusiono saat dihubungi di Sambas, Jumat.

Ia menjelaskan adapun pemenang kompetisi SNAV XI dan OAV VI dari Poltesa yaitu Juara 1 Best Paper Simposium Nasional Akuntansi Vokasi (SNAV) XI atas nama Eliza Noviriani, S.E., M.S.A, Dosen Prodi D4 Akuntansi Keuangan Perusahaan.

Kemudian Juara 1 Lomba Poster Kategori Ter-Responsif Olimpiade Akuntansi Vokasi (OAV) Nasional VI atas nama Zarina dan Dhiemas Permana Juanda, mahasiswa Prodi D4 Akuntansi Keuangan Perusahaan.  

Selanjutnya, Juara 2 Lomba Konten Video Kategori Ter-Dramatis Olimpiade Akuntansi Vokasi (OAV) Nasional VI atas nama Dhiemas Permana Juanda, Anwar, dan Utie Susiana, Mahasiswa Prodi D4 Akuntansi Keuangan Perusahaan.  

Terakhir, Juara 3 Lomba Poster Kategori Ter-Solutif Olimpiade Akuntansi Vokasi (OAV) Nasional VI atas nama Aldo dan Anwar, mahasiswa Prodi D4 Akuntansi Keuangan Perusahaan.

"SNAV adalah ajang kompetisi Karya Tulis Ilmiah Dosen Jurusan Akuntansi Vokasi yang menjadi wadah diseminasi hasil penelitian atau riset di bidang akuntansi. Sedangkan OAV merupakan ajang pertemuan atau kompetisi mahasiswa jurusan akuntansi Politeknik se-Indonesia yang digagas dalam upaya mempersiapkan bibit-bibit calon Akuntan profesional, "katanya.

Ia mengungkapkan bahwa ajang SNAV dan OAV merupakan ajang mengasah diri bagi dosen mempertajam keilmuan praktik dan penerapan akuntansi dan bagi mahasiswa sebagai bentuk perwujudan keilmuan yang sudah diraih dan diasah di kampus.  

" Inilah sebagai ajang nasional artinya bahwa pembelajaran praktik yang diajarkan di kampus, itu sudah sesuai dengan standar nasional dan Alhamdulillah mahasiswa kita juga mampu meraih prestasi nasional,"kata dia.

Sementara itu Direktur Poltesa Yuliansyah menyampaikan apresiasi atas prestasi dosen dan mahasiswa atas prestasi nasional yang sangat membanggakan.

"Walaupun kita ini berasal dari daerah perbatasan, sekarang itu tidak ada lagi sekat-sekat geografis yang menghalangi mahasiswa untuk berprestasi, termasuk mahasiswa Poltesa dari daerah perbatasan. Prestasi ini merupakan bukti bahwa mahasiswa Poltesa mampu bersaing dan meraih prestasi di tingkat nasional," katanya.

 

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023