Pemerintah Kabupaten Kayong Utara meraih penghargaan tingkat nasional berupa Badan Kepegawaian Negara (BKN) Award tahun 2023 melalui Badan Kepegawaian Negara Republik Indonesia (BKN RI) atas capaian pengelolaan manajemen Aparatur Sipil Negara (ASN) terbaik dengan kategori komitmen peningkatan pelayanan kepegawaian.

Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Sekretaris Utama BKN RI, Imas Sukmariah dan diterima oleh Bupati Kayong Utara Citra Duani saat menghadiri acara Sosialisasi Kesejahteraan P3K bagi BKD/BKPP/BKPSDM Kantor Wilayah V BKN, di salah satu hotel di Pontianak pada Rabu.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Kayong Utara menyampaikan sebagian besar penghargaan yang diraihnya baik tingkat provinsi, nasional maupun internasional. Ia mengatakan tidak mengira bahwa kinerjanya selama ini ternyata dinilai dan hasil penilaiannya datangnya selalu tiba-tiba.

"Itulah namanya rejeki tak lari kemana, yang penting bekerja dan mengatasi masalah dengan nikmati saja," kata Citra Duani.

Bupati Kayong Utara juga menyampaikan puluhan penghargaan sudah berhasil diraih Kabupaten Kayong Utara di tahun 2023.

"Di tahun 2023 ini tidak kurang puluhan penghargaan yang diraih baik tingkat Provinsi Kalbar maupun tingkat nasional," ucapnya.

"Juara kopi dunia pada festival kopi internasional di Spanyol bulan 0ktober 2022, kemudian di tahun yang sama juga meraih juara bergengsi dunia Ashden Awards katagori pelestarian konservasi hutan dengan memberdayakan masyarakat untuk mendapat mata pencaharian, penghargaan UHC Award BPJS Kesehatan tingkat Nasional yg diserahkan oleh wakil Presiden Prof. Dr. KH. Ma'ruf Amin, meraih juara 3  Paritrana Award BPJS Ketenagakerjaan tingkat Provinsi Kalbar, barusan 2 hari lalu menerima penghargaan bergengsi dalam pengendalian inflasi terbaik tingkat nasional dan masih banyak lagi," papar Citra Duani.

Sementara itu, dalam sambutannya, Sekretaris BKN RI, Imas Sukmariah mengungkapkan bahwa penghargaan diberikan bagi instansi pemerintah yang dinilai telah berhasil melaksanakan penyelenggaraan manajemen ASN terbaik di lingkupnya masing-masing, termasuk pemanfaatan layanan digital ASN.

"Untuk kategori instansi daerah terdiri dari pemerintah provinsi dan kapaten serta kota," ucap Imas.

Adapun penilaian BKN Award 2023 dibagi menjadi 3 (tiga) kategori, yaitu kategori utama berupa Implementasi Manajemen ASN terbaik, kedua, kategori elemen implementasi manajemen ASN dan pemanfaatan sistem informasi yang mencakup Perencanaan Kebutuhan dan Mutasi Kepegawaian, Pengembangan Kompetensi, Implementasi Penerapan Manajemen Kinerja, Penerapan Pemanfaatan Data Sistem Informasi dan CAT dan ketiga kategori special mention yakni Komitmen Peningkatan Pelayanan Kepegawaian BKN.


Baca juga: Kota Pontianak raih dua penghargaan dalam BKN Award 2023

Pewarta: Rizal

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023