Kegiatan Pajak Bertutur 2023 dengan tema Sadar Pajak Bukti Peduli Pada Negeri yang dihadirkan Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Provinsi Kalbar terus berupaya meningkatkan pemahaman sadar akan pentingnya peran pajak yang menyasar mahasiswa Politeknik Negeri Pontianak (Polnep), Kalbar.

"Pajak Bertutur 202 ini bagian upaya agar mahasiswa bisa mengambil informasi-informasi yang ada dan ilmu yang baru ini dapat menjadi pemicu kesadaran mereka akan pajak," ujar Kepala Bidang Penyuluhan Pelayanan dan Hubungan Masyarakat, DJP Kalbar Dahlia di Pontianak, Sabtu.

Ia mengatakan bahwa menanamkan kesadaran pajak pada masyarakat melalui edukasi dan inklusi pajak di sektor pendidikan, mulai SD hingga perguruan tinggi sangat penting. Diharapkan kelak tercipta generasi muda cerdas dan taat pajak sebagai penopang utama pembangunan Indonesia.

"Kita tahu terutama mahasiswa dalam beberapa tahun ke depan mereka ini lah yang akan menjadi penyumbang utama tulang punggung pembangunan kita di dalam negeri,” papar dia.

Menurutnya, kesadaran pajak dari semua sangat penting karena pendapatan negara dalam APBN yakni 82 persennya bersumber dari pajak. Peran pajak dalam membangun negeri sangat strategis. Sehingga dengan membayar pajak artinya berkontribusi membangun bangsa dan negara ini.

"Indonesia tak mungkin terus-menerus bergantung pada sumber daya alam yang pasti akan habis, apalagi terus-terusan berutang ke luar negeri,” kata dia.

Sementara itu, Wakil Direktur Bidang Keuangan dan Umum Polnep Linda Suherma dalam mengatakan bahwa pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan Pajak Bertutur 2023 yang dilaksanakan dan menyasar mahasiswanya.

"Kami sangat beruntung menjadi kampus yang dipilih dan mahasiswa kami mendapat informasi terkait pentingnya akan paka," ucap dia.

Dalam Pajak Bertutur 2023 narasumber yang dihadirkan ialah Fungsional Penyuluh Pertama Kantor Wilayah DJP Kalbar Masykur dengan pemaparan materi terkait generasi muda antikorupsi dan pajak bertutur. 

Turut hadir pada kesempatan itu juga Wakil Direktur Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Polnep Dede Irwan dan Dosen Akuntansi sekaligus Pembina Tax Center Polnep Zulham Al Farizi.

Sebelumnya, terkait penerimaan pajak, Kepala Seksi Data dan Potensi, Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kalbart Ahmad Khoiruddin mengungkapkan penerimaan pajak di Provinsi Kalbar hingga Juni 2023 mencapai Rp5,6 triliun atau 46,65 persen dari target tahun ini.

"Hingga akhir Juni 2023 pendapatan negara dalam APBN Kalbar tercapai Rp5,6 triliun atau 46,65 persen dari target yang ditetapkan di 2023 yaitu Rp12,08 triliun," kata dia.

Pewarta: Dedi

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023