Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kubu Raya menyeleksi 40 pemuda dari sembilan kecamatan di kabupaten itu untuk mengikuti Pertukaran Pemuda Antar Provinsi (PPAP), Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN), Pekan Kreasi Pemuda Indonesia (PKPI), serta Pemuda Pelopor Kubu Raya Tahun 2023.

"Kegiatan penjaringan ini berlangsung 7-9 Agustus 2023. Dalam hal ini kami akan fokus dalam membina pemuda sesuai dengan Undang-undang Nomor 40 Tahun 2009 tentang Kepemudaan, agar berbagai ajang yang bisa dimanfaatkan oleh pemuda untuk meraih prestasi baik di tingkat nasional maupun internasional, seperti PPAP, PPAN, PKPI, dan pemuda pelopor," kata Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata Kubu Raya, Rini Kurnia Solihat, di Sungai Raya, Selasa.

Rini mengungkapkan,  pemuda Kubu Raya telah berhasil meraih berbagai prestasi di berbagai ajang, termasuk tingkat internasional. Untuk melanjutkan tren positif ini, pihaknya telah menggelar Bimbingan Teknis Kepemudaan sekaligus dengan tahap penjaringan.

"Melalui program ini, diharapkan kesempatan-kesempatan ini dapat lebih dikenal oleh pemuda dan mereka dapat berprestasi dengan baik," tuturnya.

Dengan adanya tahapan penjaringan yang lebih awal ini, diharapkan pemuda Kubu Raya dapat lebih siap dan berkualitas dalam mengikuti berbagai ajang, dan memberikan prestasi yang semakin mengesankan serta berskala internasional.

Di tempat yang sama, Bupati Muda Mahendrawan mengapresiasi inisiatif seleksi PPAP, PPAN, PKPI, dan Pemuda Pelopor Kubu Raya 2023, yang ia yakini dapat berkontribusi dalam membentuk karakter generasi muda agar memiliki pandangan yang lebih global.

Muda menyatakan pentingnya generasi muda untuk memiliki visi yang kuat dan berani untuk berbicara tentang gagasan-gagasan yang memiliki dampak global. Bupati mengingatkan bahwa tanpa memiliki visi, upaya kita akan terbuang percuma.

Bupati Muda menjelaskan komitmen Pemerintah Kabupaten Kubu Raya dalam membangun generasi muda yang produktif dan berkualitas, yang tidak hanya menjadi beban bagi negara, melainkan mampu menjadi agen perubahan yang penuh gagasan progresif, optimisme, serta kebijaksanaan.

"Saya mendorong para pemuda terpilih dalam program-program pertukaran dan pemuda pelopor untuk memaksimalkan kesempatan yang ada, dan tidak hanya bergantung pada langkah-langkah pemerintah. Para pemuda diharapkan aktif memberikan ide-ide inovatif yang bisa membuka peluang baru," katanya.

Mahendrawan menegaskan bahwa pemerintah perlu dikelilingi oleh ide-ide inovatif agar tetap relevan dan mampu menyelesaikan permasalahan masyarakat dengan baik.

"Untuk itu saya menekankan pentingnya inovasi dalam semua sektor, dan memelopori perubahan bukan hanya berarti mengambil langkah besar, tetapi juga memberikan kontribusi sesuai dengan kapasitas masing-masing yang bermanfaat bagi semua," kata Muda.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023