Pemerintah Kabupaten Kayong Utara akan mengembangkan komoditi  pisang  kepok Pontia di Sukadana untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Kami mendapat bibit bantuan dari pemerintah pusat. Penangkaranya sekarang ada di Kubu Raya nanti akan dibawa ke Kayong untuk ditanam," kata Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kayong Utara, Maluru di Sukadana, Senin.

Ia mengatakan pengembangan pisang kepok Pontia di Kayong Utara bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan memperhatikan produksi hilirisasi tanaman yang memiliki batang lunak tersebut.

“Kalau kami melihat pisang kepok Pontia yang kami kembangkan bisa panen dengan skala besar, dan bisa dikembangkan produk turunannya seperti tepung pisang yang sangat diminati pasar. Dengan begitu, penyerapan tenaga kerja juga akan lebih besar kedepannya," katanya.

Selain itu juga alur distribusi ke Pulau Jawa saat ini  menurutnya cukup mudah melalui pelabuhan terdekat yang berada di Ketapang yang dapat memperluas jaringan pemasaran.

"Di sana ada kapal Setia Kencana. Juga memiliki banyak kontainer untuk mengangkut pisang sangat mudahlah,” jelasnya.

Ditambahkannya, usia tanam hingga panen  pisang kepok Pontia hanya enam bulan saja diperkirakan bisa menguntungkan dari segi bisnis. 

Selain itu juga  dengan jarak tanam cukup rapat sehingga bisa memaksimalkan lahan yang terbatas.

Pewarta: Rizal

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023