Pemerintah Kabupaten Kayong Utara Kalimantan Barat meluncurkan buku muatan lokal tentang pendidikan lingkungan hidup untuk mengajarkan anak sejak dini tentang pentingnya menyelamatkan lingkungan.

“Sekarang bencana alam sudah banyak jenisnya. Kalau anak-anak muda tidak diajarkan dari dini, ke depan alam kita pasti lebih parah rusaknya,” kata Bupati Kayong Utara Citra Duani, Selasa.

Citra berharap dengan peluncuran buku tersebut dapat menjadi salah satu cara untuk menyelamatkan lingkungan hidup dan ekosistem yang ada di Kayong Utara.

“Semaju apapun daerah, kalau tidak menjaga hutan dan ekosistemnya, tidak berarti apa-apa,” tegasnya.

Ia menilai muatan lokal merupakan salah satu unsur yang sangat penting bagi pendidikan di Indonesia karena dapat membantu peserta didik terhubung dengan lingkungan sekitarnya serta memperkaya pengetahuan tentang budaya.

"Tujuannya untuk memberi tahu dan mengenal Budaya daerah kita, ciri khas daerah kepada peserta didik serta memberikan bekal untuk terampil dan dapat hidup di lingkungan masyarakat di masa yang akan datang," kata Citra.

Untuk itu, Bupati Kayong Utara berharap dengan diluncurkannya buku ini dapat meningkatkan kompetensi peserta didik sehingga akan terwujud Kayong Utara yang a sri dan lestari menyokong kehidupan seluruh masyarakat.

"Sekali lagi saya menegaskan melalui kegiatan ini kita berkomitmen bersama dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Kayong Utara," kata Citra.

Pewarta: Rizal

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023