Pemerintah Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep), Sulawesi Tengah, menggandeng Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) ANTARA Biro Sulteng dan Lembaga Penyiaran Publik (LPP) Radio Republik Indonesia (RRI) Palu untuk mempublikasikan potensi wisata daerah itu kepada masyarakat di luar dan dalam negeri.

"Bangkep memiliki banyak potensi wisata alam menarik untuk dikunjungi oleh wisatawan dari dalam dan luar negeri," kata Bupati Banggai Kepulauan Ihsan Basir, di Bangkep, Selasa.

Ihsan Basir mengemukakan potensi wisata Banggai Kepulauan, harus dipublikasikan secara maksimal untuk diketahui oleh masyarakat di dalam dan luar negeri.

Hal ini, ujar dia, sebagai bentuk satu upaya promosi wisata dengan harapan dapat menarik minat masyarakat untuk berkunjung ke Banggai Kepulauan.

"Sektor pariwisata menjadi satu sektor primadona yang terus digenjot oleh Pemerintah Kabupaten Banggai Kepulauan dalam penyelenggaraan pembangunan daerah," ujarnya.



Ihsan mengemukakan dengan berkembangnya sektor pariwisata, maka secara otomatis akan berdampak pada peningkatan sektor jasa. Dengan demikian, lapangan kerja baru terbuka lebar, sehingga pengangguran dan kemiskinan secara berkelanjutan dapat diintervensi.

Beberapa lokasi wisata yang sering dikunjungi oleh masyarakat dari dalam dan luar negeri yaitu Danau Paisu Pok terletak di Desa Luk Panenteng, Kecamatan Bulagi Utara, Permandian Desa Kautu di Kecamatan Tinangkung, Pantai Tebeabul di Desa Bakalan Kecamatan Tinangkung, Teluk Pompon di Desa Lalong, Kecamatan Tinangkung Utara, Pantai Mandel Desa Palam, Kecamatan Tinangkung Utara, Bone Oluno di Desa Abason dan Bone Pololoba di Desa Lopito di Kecamatan Totikum.

Di Danau Paisu Pok, pengunjung dapat melakukan snorkeling, diving, naik perahu untuk menikmati keindahan alam danau tersebut. Di samping itu, pengunjung dapat menikmati kuliner khas lokal yaitu ubi Banggai, sinole dan ikan bakar. Danau Paisu Pok panorama alamnya alami dan masih terjaga.

Kemudian, spot wisata Pantai Poganda di Kecamatan Bulagi Utara. Di sini pengunjung dapat menikmati pasir putih, panorama laut dan hamparan pulau serta juga menyaksikan matahari terbenam (sunset).

Di samping itu, Banggai Kepulauan juga menawarkan spot wisata Danau Alani dan Danau Lemelu di Kecamatan Bulagi Selatan. Dua danau ini sangat menarik dan memiliki data tarik tersendiri, terletak di kawasan pegunungan. Di objek wisata ini pengunjung dapat melihat langsung aktivitas kehidupan masyarakat Suku Seasea yang terjaga keaslian peradaban budayanya.
 
Salah satu objek wisata pantai di Banggai Kepulauan (ANTARA/HO-Dinas Kominfo Bangkep)




 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pemkab Bangkep gandeng ANTARA dan RRI promosikan wisata

Pewarta: Muhammad Hajiji

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023