Pemerintah Kabupaten Ketapang meluncurkan vaksinasi Japanese Encephalitis (JE) untuk anak usia 9 bulan sampai 15 tahun di SDN 07 Kecamatan Delta Pawan, Selasa.

"Saya mengapresiasi dan menyambut baik launching imunisasi JE di SDN 07 Delta Pawan pada hari ini. Kegiatan ini juga dilaksanakan serentak di 14 kabupaten/kota se Kalimantan Barat," kata Asisten Setda Bidang Pemerintah dan Kesra, Heryandi mewakili Bupati Martin Rantan di Ketapang, Selasa.

Ia menjelaskan kegiatan ini bertujuan untuk melindungi dan mencegah anak-anak di Ketapang dari penyakit kesakitan, kecacatan dan kematian akibat radang otak yang ditularkan melalui perantara nyamuk.

"Mencegah lebih baik dari pada mengobati, dengan memberikan imunisasi JE pada anak kita, terbukti efektif untuk mencegah dan menurunkan angka penularan penyakit radang otak," katanya.

Ia melanjutkan, radang otak atau yang disebut encephalitis merupakan infeksi otak yang umumnya disebabkan virus, bakteri atau jamur. Penyakit radang otak belum ada obatnya, jika pasien dirawat di rumah sakit hanya sebagai upaya pengobatan simtomatik atau hanya meredakan rasa nyeri. 

"Penyakit ini bisa menyerang siapa saja, baik anak-anak maupun dewasa, penyakit radang otak sering membawa komplikasi dan menyebabkan kecacatan bahkan kematian. Hanya dengan imunisasi, cara yang efektif bagi kita untuk melindungi anak-anak yang kita sayangi dari penyakit," kata Heryandi lagi.

Dia mengimbau masyarakat mendapatkan jadwal imunisasi yang tepat dan jangan sampai terlambat. Sehingga terbentuk daya tahan tubuh yang kuat bagi anak-anak demi menciptakan generasi emas. Generasi dimana anak-anak kabupaten ketapang siap bersaing, maju, sehat, cerdas dan tangguh.

"Pemkab Ketapang mengimbau seluruh lapisan masyarakat agar membawa anaknya usia 9 bulan sampai 15 tahun ke tempat-tempat imunisasi untuk mendapatkan imunisasi JE. Waktu yang disediakan antara September sampai Oktober di titik-titik yang ditentukan Dinas Kesehatan Ketapang," imbau Heryandi.

Baca juga: Pemkab Ketapang buka seleksi penerimaan 999 PPPK

Baca juga: Pemkab Ketapang umumkan seleksi penerimaan PPPK

Baca juga: Wabup : Pandangan umum DPRD sesuai program Pemkab Ketapang

Pewarta: Subandi

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023