Pemkab Kubu Raya, Kalbar, mencanangkan Kecamatan Sungai Kakap sebagai kawasan wisata strategis sesuai Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Kalbar, yang menjadikan kabupaten itu sebagai daerah industri dan wisata.

"Pemerintah daerah melalui dinas terkait telah menginventarisasi sejumlah titik wisata di Sungai Kakap," kata Sekda Kubu Raya Yusran Anizam di Sungai Raya, Kalbar, Senin.

Ia mengatakan pihaknya terus mendorong setiap desa di Kubu Raya untuk mengembangkan destinasi wisata yang dikelola masyarakat maupun badan usaha milik desa (BUMDes).

"Kita terus berkomitmen mengembangkan sektor pariwisata desa termasuk ekonomi kreatif. Karena, Kubu Raya sangat strategis dan cukup berpeluang untuk membuat desa wisata yang menjadi khas daerah," tuturnya.

Bahkan, tambahnya, Desa Jeruju Besar berhasil menjadi Juara Harapan 4 Kategori Desa Wisata Rintisan di ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia 2023.

Menurutnya, potensi pengembangan pariwisata Kubu Raya sangat potensial karena daerah ini merupakan satu di antara pintu masuk ke Kalimantan Barat, sehingga sangat bagus untuk pengembangan wisata.

"Termasuk pengembangan sektor pariwisata ekonomi kreatif menjadi salah satu fokus Bupati Muda Mahendrawan yang sering menyampaikan tekadnya membangun desa wisata dan telah mencanangkan tagline Kubu Raya sebagai daerah wisata," tuturnya.

Terpisah, Mahendrawan mengatakan pihaknya akan memperkuat pengembangan desa wisata dengan membenahi sejumlah kekurangan yang ada di setiap desa tersebut, sebagai upaya meningkatkan perekonomian masyarakat melalui bidang wisata.

"Melalui rangkaian kegiatan peringatan HUT Kubu Raya, ujarnya, semua potensi yang ada dapat disatukan sehingga bisa menjadi kekuatan yang lebih besar. Termasuk khususnya potensi di bidang kepariwisataan dan ekonomi kreatif," kata Muda.

Muda mengungkapkan saat ini angka pengangguran di Kubu Raya terendah di Kalimantan Barat. Namun, ia mengingatkan semua pihak agar tidak terlena.

Dia juga menyebutkan kesuksesan rangkaian kegiatan peringatan HUT Kubu Raya tidak terlepas dari keterlibatan semua pihak, mulai dari pemerintah, swasta, hingga seluruh elemen masyarakat termasuk pelaku seni dan budaya.

Kesuksesan perhelatan yang melibatkan puluhan pelaku UMKM dan instansi pelayanan publik itu menurutnya sangat penting. Di mana kedua sektor tersebut berkontribusi cukup besar pada peningkatan pendapatan asli daerah.

"Ini terbukti bahwa sektor pendapatan sangat besar dari pajak hotel, restoran, dan hiburan. Ini menjadi satu indikator yang menunjukkan bahwa sangat cepat untuk perputarannya. Saya kira sasarannya kena kemana-mana dan efeknya untuk semua pihak, mulai dari kuliner, kemudian pelaku ekonomi kreatif, serta seni dan budaya dan banyak lagi yang lainnya," kata Muda.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023