Penjabat Sekretaris Daerah Kalimantan Barat, Muhammad Bari mengatakan Pemerintah Provinsi Kalbar memberikan dukungan penuh pengembangan pemuda dengan memberikan ruang bagi pemuda untuk berkreasi dan berinovasi.

"Pemerintah Provinsi Kalbar jelas perlu untuk melibatkan pemuda dalam pembangunan nasional, di mana ini sesuai dengan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2009 tentang Kepemudaan," kata Bari saat menghadiri kegiatan ngumpul bareng pemuda dengan tema "Pemuda Kalbar Maju Bersama untuk Indonesia" di Pontianak, Selasa.

Menurut Bari, pemuda memiliki peran strategis sebagai kekuatan moral, kontrol sosial, dan agen perubahan dalam setiap aspek pembangunan nasional.

Dalam konteks ini, kegiatan ngumpul bareng pemuda Kalbar diinisiasi sebagai bentuk konkret dari komitmen pemerintah provinsi untuk memberikan inspirasi, dorongan positif, dan dukungan bagi perkembangan pemuda.  

"Bertujuan untuk mengembangkan potensi pemuda Kalbar, kegiatan ini mencakup berbagai aspek, termasuk pendidikan politik, pengembangan sumber daya manusia, kepedulian terhadap masyarakat, ilmu pengetahuan dan teknologi, olahraga, seni, budaya, serta pembangunan kepemimpinan," tuturnya.

Lebih lanjut, Bari menyampaikan harapannya agar kegiatan ini dapat membawa nama baik Kalimantan Barat secara nasional maupun internasional.

Ia berharap bahwa melalui intensitas yang dihasilkan oleh koordinasi di tingkat provinsi, pemuda Kalbar dapat terhubung dengan program-program pelatihan dan kompetisi yang akan memajukan mereka dalam berbagai bidang.

"Inisiatif ini tidak hanya memberikan platform untuk pemuda untuk berkumpul dan bertukar ide, tetapi juga memotivasi mereka untuk terlibat aktif dalam pembangunan komunitas mereka dan meningkatkan kualitas hidup. Dukungan penuh Pj Sekretaris Daerah semakin memperkuat komitmen pemerintah dalam menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan dan kemajuan generasi muda," kata Bari.

 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023