Ketua Lembaga Pengembangan Tripitaka Gatha Kalimantan Barat Steven Greatness, mengatakan kontingen Swayamvara Tripitaka Gatha (STG) Kalbar akan mengikuti 13 cabang dalam lomba STG tingkat Nasional XI tahun 2023 yang dilaksanakan di Magelang Jawa Tengah pada 1-5 November mendatang.

"Total perlombaan STG nasional yang diikuti kontingen Kalbar sebanyak 13 cabang dari 14 perlombaan yang diadakan oleh panitia nasional," kata Steven di Pontianak, Selasa.

Adapun perwakilan Kalbar mengikuti enam cabang utama dari tujuh perlombaan utama, yakni lomba baca gama, lomba baca paritta, lomba baca keng, lomba dhammadesana Bahasa Indonesia, iInggris dan Mandarin.

Sedangkan untuk perlombaan penunjang ada tujuh cabang dan semuanya diikuti oleh peserta kontingen Kalbar yang terdiri dari lomba seni kaligrafi Budhis, lomba menyanyi solo Budhis, lomba paduan suara lagu Budhis, lomba cipta tari kreasi Budhis, lomba barongsai tradisional lantai, lomba bercerita Budhis dan lomba cipta boga vegetarian.

"Semoga kami bisa menjadi juara dan lebih mengharumkan nama Kalbar pada umumnya, khususnya umat Budha Kalbar," katanya.

Total personil dari Kalimantan Barat ada 61 orang, yang terdiri dari 1 pembina, 1 ketua, 10 official dan 49 peserta.

"Kami juga mohon doa restu agar kami bisa pulang meraih juara minimal 3 besar, sesuai dengan yang kami targetkan dari awal," kata Steven.

Di tempat yang sama, Pj Gubernur Kalbar Harisson mengharapkan kontingen Swayamvara Tripitaka Gatha (STG) menampilkan yang terbaik perlombaan STG Tingkat Nasional XI tahun 2023 di Magelang Jawa tengah.

"Saya berharap kepada Bapak, ibu serta adik-adik nanti saat di Magelang dapat menjaga kesehatan dan menampilkan yang terbaik," kata Harisson.

Dia juga mengatakan agar kontingen Kalbar dapat menampilkan yang terbaik, masalah menang kalah belakangan, berdoa kepada Tuhan mudah-mudahan diberikan yang terbaik  sehingga dapat menang pada kompetisi ini.

"Kalau saya melihat penampilan-penampilan tadi sepertinya kita akan dapat masuk tiga besar," kata Harisson.
 
Dia juga mengharapkan kontingen STG ini bisa masuk tiga besar, dan jangan sampai jauh dari tiga besar.
 
 

Pewarta: Rendra Oxtora, Dini Anakda Putri dan Defita Dzakirah

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023