Rumah Sakit Umum Daerah Sultan Syarif Mohamad Alkadrie (SSMA) Kota Pontianak memperkenalkan smart hospital dalam fasilitas pelayanan kesehatan salah satu di antaranya Sistem Informasi Penunjuk Arah (SIPETA). 

"SIPETA adalah sebuah media informasi penunjuk arah yang digunakan oleh pengunjung atau pasien untuk melihat secara visual melalui layar monitor," ujar Direktur RSUD SSMA dr Eva Nurfarihah SpTHT-KL, MKes di Pontianak, Selasa.

Ia mengatakan bahwa di rumah sakit Kota Pontianak beberapa kegiatan sudah digitalisasi atau smart hospital, seperti pendaftaran online dengan aplikasi Simponi V2, Anamnesis pasien, pemeriksaan laboratorium, rontgen, dan farmasi atau obat sudah terintegrasi dengan Sistem Pelayanan Terintegrasi (Sipinter).

"Saat ini RSUD SSMA Kota Pontianak telah berhasil mempertahankan sertifikat akreditasi rumah sakit kategori paripurna bintang lima 2023 dan berpredikat wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan mendapatkan predikat Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM)," jelas dia.

Menurutnya dari seluruh rumah sakit tipe C di Indonesia hanya RSUD SSMA yang telah berhasil mencapai zona integritas berpredikat WBK dan WBBM.

Ia berharap dengan capaian prestasi dan inovasi yang dimiliki oleh RSUD SSMA menjadi daya tarik rumah sakit yang ada di Indonesia untuk melakukan studi banding ke rumah sakit yang dipimpinnya.

"Dari seluruh rumah sakit tipe C di Indonesia hanya RSUD SSMA yang telah berhasil mencapai zona integritas berpredikat WBK dan WBBM," kata dia.

Sementara itu, Pj Gubernur Kalbar dr Harisson mengatakan inovasi ini harus terus ditingkatkan, selain dengan pemanfaatan aplikasi, namun tetap saja harus ada petugas yang membantu dan mendampingi pengguna dalam menggunakan aplikasi. Dia menambahkan, selain meningkatkan teknologi pelayanan kesehatan, RSUD SSMA juga harus berupaya untuk meningkatkan kapasitas tempat tidur yang ada di rumah sakit.

"Kapasitas tempat tidurnya masih kurang, saat ini masih di backup RSUD Soedarso, diharapkan nanti kapasitas tempat tidurnya bisa ditingkatkan," kata dia.

Baca juga: Direktur RSUD SSMA ingatkan pentingnya upaya pencegahan penyakit DBD

Baca juga: RSUD SSMA luncurkan program SIPINTAR dan Buletin Sehati

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023