Kepala Balai Taman Nasional Gunung  Palung, Himawan Sasongko hadir dalam penanaman pohon serentak  yang dilaksanakan di seluruh Indonesia untuk merehabilitasi lahan kritis.

"Kami siap mendukung dan bekerjasama dengan UPT Kementerian LHK lainnya dalam mensukseskan penanaman pohon sebagian upaya rehabilitasi hutan dan lahan, sekaligus mensosialisasikan pada masyarakat di sekitar kawasan Taman Nasional Gunung Palung," kata Kepala Balai Himawan Sasongko, Selasa.

Penanaman serentak dihadiri langsung Sekretaris Jenderal KLHK Bambang Hendroyono dan Pj Gubernur Kalbar Harisson.

Kegiatan itu digelar wilayah kerja BPDAS Kapuas, tepatnya di Dusun Parit Baru, Desa Wajok hulu, Kecamatan Jungkat, Kabupaten Mempawah, Provinsi Kalimatan Barat.

 
Penanaman pohon serentak (ANTARA/Rizal)


Dalam kegiatan itu, Bambang menyerahkan SK Menteri LHK tentang Green Ambassador dan membacakan sambutan Menteri LHK dalam acara penanaman pohon serentak di seluruh wilayah Indonesia.

"Harapan kita dengan gerakan menanam pohon bisa merehabilitasi hutan dan lahan yang kritis," tambahnya.

Penanaman pohon di Kalimantan Barat itu dilakukan pada areal seluas satu hektare, dengan jumlah peserta lebih dari 400 orang dari berbagai instasi pemerintah,  pemerintah, badan usaha, kelompok masyarakat, pelajar, masyarakat perorangan yang berasal dari Kota Pontianak, Kabupaten Mempawah dan Kabupaten Kubu Raya, serta generasi muda khususnya para Green Ambassador dari Kalbar.

Untuk bibit yang ditanam berjumlah 1.000 batang  dengan jenis  tanaman sengon, jambu kristal, jambu air, jelutung, matoa, durian, nangka, dan lain-lain.

 

Sekjen KLHK tanam 1.000 pohon di Kabupaten Mempawah

 

Pewarta: Rizal

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024