Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, menggandeng Bank Syariah Indonesia (BSI) Cabang Pembantu Putussibau menyalurkan bantuan paket sembako untuk warga terdampak banjir di Teluk Barak Kecamatan Putussibau daerah itu.

"Kami mengapresiasi Bank BSI yang begitu peduli untuk membantu warga terdampak banjir, seberapa pun bantuannya tentu sangat berarti bagi warga kami," kata Wakil Bupati Kapuas Hulu Wahyudi Hidayat, saat menyerahkan secara simbolis bantuan paket sembako tersebut untuk warga terdampak banjir, di Teluk Barak Putussibau Selatan Kapuas Hulu, Kamis.

Wahyudi menjelaskan dalam penanganan bencana banjir tentu bukan semata-mata dari pemerintah, namun kepedulian dan peran perusahaan maupun perbankan dibutuhkan untuk membantu meringankan beban masyarakat terdampak banjir.

Menurutnya, banjir kali ini cukup lama dan mengganggu aktivitas masyarakat terutama dalam ekonomi, sehingga warga perlu mendapatkan perhatian bersama seperti halnya yang dilakukan oleh BSI Putussibau.

"Dalam waktu dekat Pemkab Kapuas Hulu melalui BPBD juga akan menyalurkan bantuan, kami berharap masyarakat bersabar dan tetap semangat menghadapi bencana banjir," kata Wahyudi yang saat itu didampingi Kapolres dan Kepala Kejaksaan Negeri Kapuas Hulu.

Berdasarkan data sementara per Kamis (18/1) dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kapuas Hulu sampai saat ini banjir masih melanda 14 kecamatan dengan jumlah warga terdampak banjir mencapai 50.420 jiwa atau17.288 kepala keluarga (KK) dan rumah terdampak sebanyak 4.467 unit.
 
Penyerahan secara simbolis bantuan paket sembako untuk warga terdampak banjir, di Teluk Barak Kecamatan Putussibau Selatan, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. (ANTARA/Teofilusianto Timotius)


Sedangkan rumah warga terendam banjir sebanyak 4.238 unit dan 227 fasilitas umum.

Wahyudi berpesan kepada masyarakat agar tetap menjaga kesehatan dan mengutamakan keselamatan, waspadai listrik dan api serta binatang berbisa.

Sementara itu, Pimpinan Cabang Pembantu Bank Syariah Indonesia (BSI) Putussibau Arief menyampaikan bantuan paket sembako sebagai bentuk kepedulian BSI untuk warga terdampak banjir.

Arief menjelaskan BSI menyalurkan bantuan di dua titik yaitu di Teluk Barak dan Desa Tanjung Jati Kecamatan Putussibau Selatan.

Jumlah bantuan paket sembako untuk Teluk Barak kurang lebih 93 paket, Desa Tanjung Jati 57 paket, masing-masing paket berisikan berupa beras, minyak goreng, sarden, gula dan teh.

"Kami berharap bantuan itu dapat meringankan beban masyarakat terdampak banjir," katanya.

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024