Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat (Kalbar) berharap seluruh lapisan masyarakat kembali bersatu untuk mempererat kerukunan dan keharmonisan setelah pelaksanaan pemilihan umum (pemilu) serentak 2024.

"Perbedaan pilihan saat pemilu jangan membuat hubungan dengan sesama menjadi renggang, mari kita jaga kerukunan dan keharmonisan di Kapuas Hulu," kata Ketua FKUB Kapuas Hulu Zainuddin di Putussibau, Senin.



Zainuddin mengatakan dalam pemilu, pasti ada kompetisi yang cukup ketat dalam meraih kemenangan dan mungkin ada hubungan yang renggang karena perbedaan pilihan.

Menurutnya, perbedaan pilihan itu adalah hal wajar dalam berdemokrasi dan siapapun peserta pemilu yang memenangkan kontestasi politik, keamanan dan kerukunan antar-umat beragama itu merupakan hal paling utama.

Zainuddin berharap agar para pemimpin yang terpilih dapat kembali merangkul semua pihak untuk menyatukan kembali rasa persaudaraan serta kerukunan antar-umat beragama.

"Kami harapkan elit-elit politik, khususnya di legislatif Kapuas Hulu bisa memberikan contoh dalam mempersatukan masyarakat setelah adanya perbedaan pilihan saat pemilu," ucap Zainuddin.



Ia menilai sejauh ini kerukunan umat beragama dan keharmonisan di Kabupaten Kapuas Hulu masih terjaga dengan baik, hal tersebut perlu terus dipupuk dan ditingkatkan untuk mendukung program pembangunan pemerintah.

"Yang jelas kerukunan dan ketertiban di tengah masyarakat tanggung jawab kita semua, setelah pemilu saatnya kita semua bersatu kembali untuk mendukung program pembangunan pemerintah, khususnya di Kabupaten Kapuas Hulu," ujarnya.

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024