Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Barat, Rita Hastarita mengatakan, pihaknya meningkatkan kapasitas manajerial bagi kepala sekolah SMA/SMK negeri yang ada di provinsi itu agar dapat melaksanakan tugasnya secara lebih efektif dan efisien.

"Hal ini diharapkan dapat memberikan dampak positif terhadap mutu pendidikan di tingkat sekolah menengah atas," kata Rita di Pontianak, Minggu.

Rita Hastarita juga menyoroti upaya peningkatan mutu pendidikan yang telah dilakukan di berbagai jenjang dan jenis sekolah, termasuk peningkatan kualifikasi guru, kepala sekolah, dan pengawas pendidikan melalui berbagai kegiatan seperti diklat, lokakarya, dan seminar.

Dia juga menegaskan bahwa pengadaan guru dan buku paket sudah memadai, sambil mencatat perubahan dan penyempurnaan kurikulum yang telah dilaksanakan.

Selain itu, Rita Hastarita menyebutkan beberapa inisiatif penting lainnya, seperti program pendidikan gratis dan sertifikasi guru, yang diharapkan dapat meningkatkan motivasi kerja para pendidik.

Selain itu, perbaikan sarana dan prasarana sekolah serta peningkatan mutu manajemen sekolah juga menjadi fokus dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan.

"Meningkatkan kapasitas manajerial kepala sekolah dianggap sebagai langkah krusial dalam meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. Kegiatan ini memberikan kepala sekolah referensi, wawasan, dan kemampuan yang diperlukan untuk memimpin dan mengelola sekolah dengan lebih baik, sehingga dapat tercapai visi dan misi sekolah serta meningkatkan kualitas pendidikan bagi siswa," tuturnya.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024