Perum Bulog Cabang Putussibau, Kalbar, memastikan ketersediaan beras cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, hingga empat bulan ke depan.

Menurut dia, stok beras yang tersedia saat ini, untuk beras medium 350 ton, beras premium 38 ton, dan ditambah dalam pengiriman untuk beras medium sebanyak 800 ton.

"Jika ditambahkan dengan penambahan 800 ton yang sedang dikirim, maka stok beras kita aman untuk empat bulan ke depan," kata Pimpinan Perum Bulog Cabang Putussibau Kartika kepada ANTARA di Putussibau, Kapuas Hulu, Kalbar, Sabtu.

Kartika menyebutkan untuk harga beras medium sebesar Rp13.100 per kilogram dan untuk beras PSHP seharga Rp11.300 per kilogram.

Harga eceran tertinggi (HET) beras medium tersebut berdasarkan surat dari Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) yang diberlakukan sejak 1 Mei 2024.

Selain itu, Bulog Putussibau juga saat ini masih memiliki stok gula sebanyak 4,9 ton dengan harga Rp18 ribu per kilogram, sedangkan minyak sekitar 6.000 liter di harga Rp17.500 per liter.

"Selain menyediakan beras komersial di sejumlah warung sembako yang menjadi mitra Bulog, saat ini kami juga sedang mendistribusikan beras yang merupakan bantuan pangan," katanya.

Untuk penyaluran bantuan pangan tahap dua alokasi April sampai dengan Juni 2024 tercatat sebanyak 18.481 warga sebagai penerimaan bantuan pangan di wilayah Kapuas Hulu, yang masing-masing mendapatkan 10 kilogram beras untuk periode tiga bulan.

Kartika memastikan masyarakat dengan mudah mendapatkan beras dengan harga terjangkau, sehingga dapat membantu masyarakat.

"Kembali kami ingatkan masyarakat untuk tidak khawatir karena stok pangan kita masih aman dan mudah bagi masyarakat untuk mendapatkannya," katanya.

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024