Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat meraih penghargaan terbaik ketiga untuk sektor ekonomi hijau dan berkelanjutan pada ajang Anugerah Adinata Syariah 2024 yang digelar oleh Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS).

"Alhamdulillah dengan pengembangan sektor ekonomi hijau ini, Kalbar berhasil menorehkan prestasi pengelolaan keuangan syariah di tingkat nasional. Karena kita sudah memulainya dengan baik, maka ini akan terus kita lanjutkan," kata Harisson di Pontianak, Selasa.

Dia menjelaskan, pencapaian ini tidak lepas dari kerja keras dan sinergi antara pemerintah provinsi, KDEKS Kalimantan Barat, serta berbagai pemangku kepentingan lainnya dalam merumuskan dan melaksanakan program-program yang mendukung pertumbuhan ekonomi hijau dan berkelanjutan”, ucap Harisson.

Ajang penghargaan ini diharapkan dapat menginspirasi provinsi-provinsi lain untuk terus berinovasi dan meningkatkan kontribusi dalam mewujudkan Indonesia sebagai pusat ekonomi syariah global.

Untuk di ketahui, Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) sendiri merupakan lembaga non-struktural yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden Republik Indonesia. KNEKS memiliki tugas untuk mengembangkan ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia.

Prestasi ini menjadi motivasi bagi KDEKS Kalimantan Barat untuk terus merumuskan rencana kerja yang lebih membumi dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat, serta memperkuat ketahanan ekonomi dan keuangan syariah di wilayah tersebut walaupum Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) Kalimantan Barat baru dikukuhkan dua bulan lalu dan diketuai oleh Pj Gubernur Harisson.

Anugerah Adinata Syariah 2024 menjadi momentum penting dalam mendorong kolaborasi antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan berbagai pemangku kepentingan lainnya untuk mempercepat pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia. 

Harisson menambahkan, dalam sambutan, Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin menekankan pentingnya peran pemerintah daerah dalam mendorong pertumbuhan ekonomi syariah yang inklusif dan berkelanjutan. Dirinya juga menyampaikan apresiasi atas upaya dan inovasi yang telah dilakukan oleh provinsi - provinsi penerima penghargaan.

“Otonomi daerah dapat bermanfaat untuk memperkuat edukasi, membangun infrastruktur yang memadai, serta mendorong inovasi dan kerja sama pengembangan sektor-sektor unggulan ekonomi dan keuangan syariah," kata Harisson.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024