Penjabat Gubernur Kalimantan Barat, dr. Harisson mengajak pengurus Indonesia Hotel General Manager Association (IHGMA) Kalbar duduk bersama membahas pengembangan sektor pariwisata yang langsung terkoneksi pada perhotelan.

"Saya harap pihak perhotelan menyediakan jasa trip khusus yang berkaitan dengan objek-objek wisata di daerah, sehingga para wisatawan tidak hanya datang terus menginap begitu saja, akan tetapi wisatawan tersebut setidaknya mendapatkan pelayanan yang baik dan pada akhirnya akan berdampak pada sektor ekonomi Kalbar," kata Harisson di Pontianak, Kamis.

Menurutnya, salah satunya peran hotel dalam membantu Pemerintah Kalimantan Barat untuk meningkatkan daya saing perekonomian melalui jasa perhotelan.

Harisson juga menyampaikan beberapa kebutuhan terhadap promosi daerah dari segi pariwisata agar memiliki nilai jual keluar yang tinggi.

"Kita berterima kasih kepada pihak perhotelan yang mau bekerja sama dengan pemerintah untuk mencari jalan dalam meningkatkan perekonomian dari sektor promosi wisata yang bisa kita pasarkan," tuturnya.

Di tempat yang sama, Ketua DPD IHGMA Kalbar Ika Florentina menyambut baik terhadap masukan dan arahan dari Pj Gubernur untuk lebih berinovasi dalam memberikan pelayanan.

"Kehadiran kami di sini ingin bersinergi dalam mendukung promosi pariwisata di Kalbar," kata Ika Florentina.

Lanjutnya, IHGMA juga berkomitmen untuk mendampingi para pelaku UMKM di Kalbar agar lebih terangkat melalui media sosial mereka sendiri sehingga dapat dikenal lebih luas.

"Kami berharap sinergi ini dapat segera terealisasi sehingga IHGMA akan mengeluarkan kebijakan khusus kepada seluruh hotel yang ada di Kalbar untuk mempromosikan produk-produk daerah yang berkualitas," ujar Ika Florentina.

Di sisi lain, yang tak kalah penting untuk mendukung promosi sektor pariwisata ialah keberadaan SDM. Dikatakannya, SDM menjadi poin penting untuk merumuskan suatu kebijakan di dalam manajemen.

"Jadi dalam waktu dekat ini kami akan mengadakan Workshop Leadership Road To GM, di mana dari pelatihan ini kita harapkan akan melahirkan pemimpin hotel yang ada di Kalbar supaya menginspirasi mereka untuk menjadi hotel leader. Dan ini akan menjadi salah satu harapan Pak Pj. Gubernur agar SDM-SDM yang mumpuni agar mampu menggali potensi daerah yang bisa dijadikan objek wisata," katanya.

 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024