Atlet PPLP (Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar) Binaan Disporapar Provinsi Kalimantan Barat Katyea Ebri Safitri didaulat menjadi pembawa bendera Merah Putih di Upacara Pembukaan ASEAN Schools Games (ASG) 2024 di Da Nang, Vietnam, Sabtu malam.

"Dipilihnya Katyea Ebri Safitri sebagai pembawa bendera Merah Putih di acara pembukaan ini bukannya tanpa alasan. Pasalnya, Chief De Mission (CdM) Andri Paranoan menginginkan prestasi atlet pelajar Indonesia di ajang ASG 2024 ini bisa melompat jauh dari hasil yang di dapat sebelumnya saat berlangsung di Semarang, Indonesia tahun 2019 lalu," kata Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kalimantan Barat, Windy Prihastari di Pontianak, Minggu.

Windy menjelaskan Katyea Ebri Safitri bersama 49 anggota kontingen Indonesia, saat ini mengikuti ajang ASEAN Schools Games (ASG) 2024 yang berlangsung di Stadion Tien Son Sport Center, Da Nang, Vietnam.

Dia mengatakan, Indonesia tercatat sebagai juara umum multi event ASG edisi ke-11 tahun 2019 lalu dengan mengoleksi 102 medali, yakni 43 emas, 34 perak dan 25 perunggu, bertekad akan mengulang hal sama pada edisi ke-13 ini.

Pembawa bendera Merah Putih pada acara pembukaan ASG 2024 ini adalah Katyea Ebri Safitri, atlet atletik PPLP Binaan Disporapar Prov Kalbar pemegang rekornas remaja lompat jauh yang diciptakannya saat mengikuti kejuaraan Asia U 20 di Dubai, belum lama ini. Catatan atlet muda asal Kalimantan Barat itu adalah 5,97 meter, memecahkan rekor seniornya Maria Londa.

"Prestasi yang diraih oleh Katyea Ebri Safitri saat tampil di Kejuaraan Asia U 20 di Dubai beberapa waktu lalu yang mampu melampaui rekor seniornya yakni Maria Londa, bisa menjadi inspirasi para atlet yang tampil pada ASG 2024 ini. Alhasil, target kita dalam mempertahankan predikat juara umum akan terwujud dan saya meyakini bahwa para atlet yang tampil di ASG 2024 ini adalah penerus tradisi prestasi bagi bangsa Indonesia," kata CdM Andri.

Andri menambahkan, ASG 2024 edisi ke-13 yang berlangsung di Da Nang, Vietnam ini diikuti oleh 10 negara ASEAN, seperti tuan rumah Vietnam, Brunei Darussalam, Filipina, Indonesia, Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar, Singapura dan Thailand dengan total memperebutkan 107 set medali.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024