Penjabat Wali Kota Pontianak Ani Sofian dalam forum Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XVII Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) di Balikpapan menyatakan komitmen menjadikan kota di Khatulistiwa itu menjadi kota nyaman dihuni dan disukai.

"Dalam mewujudkan kota yang nyaman dan disenangi tentu pembangunan infrastruktur dan pelayanan publik harus dilakukan secara simultan," ujarnya saat dihubungi di Balikpapan, Selasa.

Langkah lainnya, meningkatkan kualitas hidup masyarakat Kota Pontianak dengan memberikan pelayanan publik yang prima dan infrastruktur yang memadai.

“Tentunya yang tak kalah penting bagaimana memberdayakan potensi lokal untuk menciptakan kesejahteraan bagi seluruh warga,” papar dia.

Menurutnya, mencapai tujuan menjadikan kota di Indonesia nyaman dihuni dan disukai memerlukan kerja sama yang erat antara pemerintah, swasta, akademisi, dan masyarakat. Ani mengajak seluruh elemen tersebut untuk bersatu dalam upaya meningkatkan kualitas hidup di Kota Pontianak.

“Saya mengajak seluruh masyarakat dan para pihak untuk terus berupaya mengubah Kota Pontianak menjadi kota yang nyaman, dinamis, dan berdaya saing tinggi, serta menjadi inspirasi bagi kota-kota lain di Indonesia,” katanya.

Rakernas XVII APEKSI di Balikpapan langsung dibuka oleh Presiden RI Joko Widodo, Selasa (4/6).

Dalam arahannya, Presiden menekankan pentingnya perencanaan kota secara detil guna mencegah masalah perkotaan yang kian berat di masa depan. Pasalnya pada 2045 mendatang 70 persen penduduk diprediksi akan ada di perkotaan sehingga beban kota akan menjadi sangat berat.*

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024