Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (Disperpusip) Kubu Raya, Kalimantan Barat, siap menggelar lomba bercerita tingkat SD/MI se-Kabupaten Kubu Raya guna membudayakan gemar membaca.
 
"Dalam rangka melaksanakan program pembudayaan Gemar Membaca Tingkat Daerah, maka Pemkab Kubu Raya melalui Disperpusip Kubu Raya menyelenggarakan lomba bercerita tingkat SD/MI tahun 2024," ujar Kepala Disperpusip Kubu Raya Rudy Fitriyanto di Sungai Raya, Jumat.
 
Ia mengatakan kegiatan tersebut dilaksanakan pada 11 Juni 2024 dengan 18 peserta yang merupakan putra-putri terbaik dari sembilan kecamatan yang ada di Kubu Raya.
 
"Masing-masing kecamatan mengirimkan dua orang yang merupakan para pemenang yang diseleksi pada tingkat kecamatan," ujarnya.
 
Untuk lomba bercerita se-Kabupaten Kubu Raya ini para peserta merupakan siswa yang duduk di bangku kelas empat atau kelas lima sekolah dasar yang harus dibuktikan dengan rapor.
 
"Cerita yang dibawakan pada saat lomba merupakan cerita rakyat dari kecamatan masing-masing," ujarnya.
 
Nantinya para peserta yang keluar sebagai pemenang menjadi perwakilan Kubu Raya untuk selanjutnya bersaing di tingkat provinsi.
 
"Selanjutnya pemenang dari tingkat provinsi akan bersaing di tingkat nasional mewakili Kalbar," ujarnya.
 
Ketika ditanyai terkait persiapan lomba tingkat kabupaten ini, Rudy menyampaikan bahwa persiapan sudah 90 persen dan pihaknya akan melaksanakan pertemuan teknik pada H-1 kegiatan.
 
"Alhamdulillah sudah tinggal setting panggung saja dan pertemuan teknik pada H-1 nanti," ucapnya.



Baca juga: Pelajar SD Wakili Sekadau di Lomba Cerita Kalbar

Pewarta: Rizki Fadriani

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024