Penjabat (Pj) Bupati Kubu Raya, Kalimantan Barat (Kalbar), Kamaruzaman mengatakan  Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) di daerah itu dapat berperan menjadi perpanjangan tangan pemerintah untuk menjangkau masyarakat pada 123 desa.
 
"Seluruh kepala desa se-Kabupaten Kubu Raya yang tergabung dalam Apdesi Kubu Raya dapat bersatu membangun daerah," ujarnya di Sungai Raya, Kamis.
 
Dengan adanya APDESI, lanjutnya, dapat membantu pemerintah menjangkau seluruh masyarakat yang tersebar pada sembilan kecamatan dan 123 desa, terlebih letak geografis Kubu Raya yang unik dengan banyak wilayah pesisir.
 
"Nah APDESI ini dapat meringankan beban pemerintah kabupaten untuk menjembatani komunikasi dengan kepala desa," kata Kamaruzaman.
 
Ia mengatakan pemerintah kabupaten (pemkab) tidak dapat bekerja sendiri, terlebih untuk merangkul seluruh masyarakat yang jumlahnya lebih dari 600.000 jiwa.
 
"Pemerintahan daerah tidak akan bisa berbuat apa-apa, tanpa adanya kepala desa. Kepala desa adalah ujung tombak terkait kegiatan pemberdayaan masyarakat yang ada di Kabupaten Kubu Raya," tuturnya.
 
Ia juga berharap melalui APDESI, komunikasi dan koordinasi antara pemerintah kabupaten dan pemerintah desa dapat berjalan lebih efektif, sehingga berbagai program pembangunan dan pemberdayaan masyarakat dapat terlaksana dengan baik.
 
Kehadiran APDESI, lanjutnya, diharapkan tidak hanya menjadi wadah bagi kepala desa untuk berkumpul, tetapi juga sebagai mitra strategis pemerintah dalam upaya memajukan Kabupaten Kubu Raya.
 
Dengan sinergi yang kuat antara pemerintah kabupaten dan desa, kata dia, diharapkan Kubu Raya dapat terus berkembang dan memberikan kesejahteraan bagi seluruh warganya.
 

Pewarta: Rizki Fadriani

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024