Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, Rini Kurnia Solihat mengatakan para atlet Kubu Raya telah siap menghadapi Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) 2024 setelah di ajang Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Kalbar beberapa waktu lalu menjadi juara umum.
 
"Pada Popda tahun 2024 ini Kubu Raya mampu meraih juara umum, tentunya prestasi ini merupakan hasil perjuangan dan bagi para atlet yang telah meraih medali selanjutnya akan diseleksi untuk persiapan melaju ke pra-Popnas 2024," kata Rini Kurnia Solihat di Sungai Raya, Kalbar, Sabtu.
 
Rini mengatakan pada Popda 2024 ini Kubu Raya berhasil meraih juara umum dengan raihan 20 medali yang terdiri dari tujuh medali emas, lima medali perak dan delapan medali perunggu. Medali emas yang raih kontingen Popda Kubu Raya terdiri dari, satu cabang bola voli putra, dua cabang tinju dan empat dari cabang silat.
 
"Keberhasilan Kubu Raya ini menjadikan atlet kita berpeluang mewakili Kalbar pada Popnas yang akan digelar pada tahun depan yang akan dilaksanakan di Provinsi Aceh. Dan alur untuk pengiriman atlet ke Popnas ini menjadi kewenangan dari Pemerintah Provinsi Kalbar," ujarnya.
 
Rini pun mengapresiasi kerja keras para atlet dan seluruh pihak yang terlibat di dalamnya sehingga dapat mengantarkan Kubu Raya sebagai juara umum pada pekan olahraga tingkat provinsi tersebut.
 
"Tentunya prestasi ini merupakan hasil perjuangan keras para atlet dan pelatih serta kerjasama dari seluruh pengurus cabang olahraga di Kabupaten Kubu Raya serta seluruh tim pendukung dan dalam hal ini Disporapar Kubu Raya," kata Rini.
 
Menurutnya pencapaian tersebut tidak terlepas dari pembinaan dan persiapan matang yang telah dilakukan, mengingat persiapan menjelang Popda 2024 ini telah dilakukan dimulai dari bulan Maret 2024 lalu.
 
Persiapan dilakukan mulai dari koordinasi secara intensif dengan para pengurus cabang olahraga yang dipertandingkan dan juga melalui rapat-rapat koordinasi serta tahapan seleksi pada seluruh cabang olahraga yang dilakukan kepada seluruh pelajar yang mendaftar.
 
"Kemudian setelah proses seleksi, dilanjutkan dengan training camp bagi para atlet yang sudah terpilih sebagai bentuk persiapan kami menghadapi Popda sampai dengan kami bisa mengirimkan 77 atlet muda Kubu Raya untuk bertanding dalam delapan cabang olahraga yang dipertandingkan," tutur Rini.
 

Pewarta: Rizki Fadriani

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024