Pemerintah Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, terus menjaga demokrasi agar berjalan dengan tertib, tenang, dan damai dengan memberikan edukasi politik kepada generasi muda, terlebih pelaksanaan pilkada sudah di depan mata.
 
"Pemerintah daerah akan selalu memantau bagaimana demokrasi bisa berjalan dengan tertib, tenang, dan damai," ujar Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kubu Raya Amini Maros di Sungai Raya, Minggu.
 
Amini mengatakan bahwa saat ini pemilih terbesar adalah generasi muda. Hal ini terlihat pada data Pemilu 2024, pemilih generasi Z sekitar 66.000 orang dan generasi milenial sebanyak 164.000.
 
"Output itu yang dimaanfaatkan untuk kolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan, termasuk Kesbangpol dalam memberikan edukasi kepada anak muda," ujarnya.
 
Dengan adanya fenomena tersebut, kata Amini, harus dimanfaatkan karena pemilih muda dinilai mampu pengaruhi lingkungan sekitar, termasuk orang tua dan keluarganya.
 
Hal ini, lanjut dia, mengingat kuatnya pemahaman politik anak muda yang sudah melek teknologi dan informasi terkait politik di Indonesia.
 
"Kami berharap agar penguatan pendidikan politik ini terus digencarkan di setiap sekolah, ormas, dan daerah wilayah terpencil," tuturnya.

Pewarta: Rizki Fadriani

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024