Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat menetapkan Daftar Pemilih Sementara (DPS) pemilihan kepala daerah 2024 sebanyak 459.095 pemilih.

"Hasil rapat pleno terbuka rekapitulasi dan penetapan bahwa DPS Pilkada 2024 sebanyak 459.095 pemilih  yang tersebar di 19 kecamatan, 195 desa dan 1.007 TPS, " ujar Ketua Divisi Perencanaan Data dan Informasi, KPU Sambas, Risno saat dihubungi di Sambas, Minggu.

Risno menyebutkan dari 459.095 DPS tersebut tersebar di 19 kecamatan, 195 desa dan 1.007 TPS. Berdasarkan DPS, untuk laki-laki sebanyak 234.144 pemilih dan pemilih perempuan sebanyak 224.951pemilih. Sehingga total DPS berjumlah 459.095 pemilih.

"Untuk selanjutnya, hasil dari pleno rekapitulasi dan penetapan DPS kabupaten ini akan kita bawa ke provinsi untuk disampaikan dalam agenda Rapat Pleno Rekapitulasi DPS oleh KPU Provinsi Kalbar, " kata dia.

Risno mengatakan bahwa rapat pleno terbuka rekapitulasi dan penetapan DPS yang sukses digelar merupakan hasil kerja dari Petugas Pemutakhiran data Pemilih (Pantarlih) yang telah melakukan pencocokan dan penelitian (Coklit) dalam rentang waktu satu bulan dari rumah ke rumah warga.

"Hasil dari coklit tersebut kemudian direkap secara berjenjang mulai dari tingkat desa, kecamatan, hingga saat ini di rekap ditingkat kabupaten. Sehingga keluar data DPS tersebut, " jelas dia.

Ia menegaskan bahwa DPS tersebut mempunyai peran penting dalam memastikan seluruh warga yang mempunyai hak pilih untuk dapat diakomodir hak pilihnya dalam Pilkada serentak Tahun 2024 di Kabupaten Sambas.

"Kami terus mengimbau dan meminta masyarakat juga proaktif untuk memastikan apakah dirinya sudah terdaftar atau belum sehingga pada 27 November 2024 bisa menyalurkan suaranya, " kata dia.

Risno mengajak semua pihak untuk bersama-sama menyukseskan Pilkada 2024. Pihaknya berkomitmen menjalan tugas sesuai aturan yang berlaku.

"Mari kita sukseskan Pilkada Serentak 2024. Dukungan dan peran aktif semua pihak sangat dibutuhkan. Sehingga Pilkada ini berjalan lancar, aman dan partisipasi masyarakat tinggi," ajak dia.

 

Pewarta: Dedi

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024