Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kalbar menyerahkan bantuan berupa bahan bangunan dan perlengkapan rumah tangga kepada korban angin puting beliung di Kubu Raya.
 
"Jadi hari ini kami melihat secara langsung rumah warga yang terdampak angin puting beliung di Desa Pal 9 ini. Berdasarkan laporan bahwa ada sebanyak 16 rumah yang terdampak angin puting beliung," ujar Pj Ketua TP-PKK Kalbar Windy Prihastari Harisson di Sungai Kakap, Selasa.
 
Windy mengatakan pihaknya menghampiri 16 rumah yang mengalami kerusakan akibat bencana tersebut bersama jajaran Pengurus TP-PKK Kalbar dan Palang Merah Indonesia Kalbar serta Kepala Desa setempat di Dusun Perindung, Desa Pal 9, Kecamatan Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya.
 
Dalam pemantauan tersebut Windy menyerahkan bantuan kepada warga yang terdampak musibah dan menyerahkan bantuan berupa atap rumah atau seng, bahan bangunan dan perlengkapan rumah tangga.
 
"Kami memberikan sedikit bantuan untuk meringankan beban mereka yang terdampak musibah berupa bahan bangunan dan family kit," katanya.
 
Selain itu ia pun mendengar keluh kesah warga yang menceritakan tragedi sesaat sebelum bencana angin puting beliung yang mengakibatkan belasan rumah rusak berat. Dan ia pun ikut prihatin terhadap musibah tersebut
 
"Tadi saya mendengar cerita mereka bahwa kejadian ini sekitar jam 10 malam dan tiba-tiba atap rumah mereka sudah terbang oleh angin dan mereka segera menyelamatkan diri," ujarnya.
 
Dirinya berharap ke depannya para camat, kades/lurah dapat memberikan sosialisasi terkait keselamatan maupun penanganan pascamusibah angin puting beliung.
 
"Mudah-mudahan pak kades nanti dapat mensosialisasikan ke masyarakat jika terjadi hal-hal seperti ini, maka sudah ada kesiapsiagaan dari masyarakat untuk menanggulanginya," kata Windy.
 

Pewarta: Rizki Fadriani

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024