Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Barat, MS Budi, mengungkapkan bahwa penyaluran logistik Pilkada serentak 2024 di Kalbar ditargetkan selesai paling lambat akhir Oktober.

"Untuk itu, berbagai persiapan terus dilakukan, terutama dalam pengadaan dan distribusi logistik ke 14 kabupaten/kota di Kalimantan Barat," kata MS Budi di Pontianak, Minggu.

Dia mengatakan, pihaknya sedang dalam proses percepatan penyaluran logistik, termasuk surat suara, segel kertas, dan material lain yang penting untuk pelaksanaan Pilkada.

"Beberapa logistik sudah dalam perjalanan, sementara surat suara masih dalam tahap validasi sebelum dicetak," tuturnya.

Dia menambahkan, seleksi perusahaan penyedia surat suara sudah dilakukan, dan pihaknya optimistis surat suara akan tiba di kabupaten/kota paling lambat akhir Oktober 2024. Untuk logistik lainnya, seperti segel kertas, pengiriman sudah dimulai melalui kargo udara dan beberapa daerah telah menerima kiriman tersebut.

"Kami menargetkan seluruh logistik tiba di kabupaten/kota paling lambat 30 Oktober. Meskipun H-20 masih terhitung aman untuk persiapan sortir dan pelipatan, kami ingin memastikan distribusi berjalan lancar," lanjutnya.

Distribusi ke tempat pemungutan suara (tps) akan dimulai dari kabupaten/kota melalui kecamatan atau langsung ke panitia pemungutan suara (pps) di wilayah terdekat. Proses ini akan diawasi ketat mulai H-7 hingga H-2, dengan target semua logistik tiba di tps paling lambat H-1 sebelum pemungutan suara.

"Pengalaman kami pada Pilpres sebelumnya menunjukkan bahwa waktu distribusi dari kabupaten/kota ke tps berjalan efektif dengan pengawalan ppk. Kami juga terus berkoordinasi untuk memastikan tidak ada hambatan di lapangan," kata Budi.

Dirinya menginformasikan, kebutuhan logistik untuk Pilkada 2024 di Kalbar meliputi 10.451 tps, 2.145 pps, dan 174 ppk, yang tersebar di 14 kabupaten/kota. Budi menegaskan, semua persiapan logistik telah memenuhi kebutuhan penyelenggaraan pemilu.

"Jumlah pemilih yang tercatat dalam daftar pemilih tetap (dpt) mencapai 3.956.969 orang. Dengan target distribusi logistik yang rampung akhir Oktober, KPU Kalbar optimis Pilkada serentak 2024 akan berlangsung aman, tepat waktu, dan sesuai jadwal yang telah ditetapkan," kata Budi.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024