Badan Koordinasi Kegiatan Kesejahteraan Sosial (BK3S) Kalimantan Barat meningkatkan kesejahteraan sosial dengan memperkuat koordinasi dan pengembangan kegiatan organisasi sosial, guna mendorong kesadaran dan tanggung jawab sosial masyarakat, serta memperkuat sinergi pemerintah dan lembaga-lembaga sosial terkait.

"BK3S berperan penting dalam membantu Pemerintah Provinsi Kalbar merumuskan kebijakan sosial melalui pembinaan dan koordinasi di bidang kesejahteraan sosial," kata Ketua Umum BK3S Provinsi Kalimantan Barat Windy Prihastari Harisson di Pontianak, Selasa.

“Kami mengkoordinasikan dan membina usaha kesejahteraan sosial di tingkat wilayah dengan memonitor, menetapkan, dan mengembangkan kegiatan organisasi sosial di Kalbar. Selain itu, kami menghimpun dan menyusun laporan untuk memberikan masukan kepada Gubernur sebagai dasar dalam pengambilan kebijakan,” ujar Windy.

Baca juga: Dekranasda Kalbar bantu perajin menghasilkan produk ekspor

Dalam kegiatan tersebut, Windy menekankan pentingnya kerja sama antara pemerintah dan berbagai pihak, terutama dalam menghadapi berbagai permasalahan kesejahteraan sosial yang belum tertangani secara optimal. Pemerintah, menurutnya, tidak bisa bekerja sendiri, sehingga diperlukan kolaborasi yang solid dengan mitra-mitra seperti BK3S.

“Banyak sekali permasalahan di bidang kesejahteraan sosial di Kalimantan Barat yang belum terselesaikan. Pemerintah tidak bisa menangani ini sendirian, oleh karena itu sinergi dengan pihak-pihak terkait sangat dibutuhkan, termasuk dengan BK3S yang berusaha menjadi mitra strategis pemerintah dalam menangani masalah ini,” imbuhnya.

Salah satu langkah konkret yang dilakukan BK3S dalam mendukung kesejahteraan sosial adalah pembinaan Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) dan Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA). Dimana pada hari tersebut, BK3S menyelenggarakan Workshop Tata Kelola Manajemen Organisasi dengan tujuan memperkuat kemampuan pengelolaan organisasi sosial di Kalbar.

“Kegiatan ini bertujuan agar organisasi LKS dan LKSA dapat mengembangkan dan mengelola manajemen organisasi dengan baik, sehingga mereka bisa berperan lebih efektif dalam memberikan kontribusi nyata terhadap kesejahteraan masyarakat,” jelas Windy.

BK3S juga berperan dalam membantu LKS dan LKSA menjalankan fungsi-fungsinya secara optimal dengan memberikan pembinaan yang berkelanjutan. Melalui pembinaan ini, diharapkan organisasi-organisasi sosial di Kalbar dapat berkembang dan berkontribusi lebih signifikan dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat, khususnya mereka yang membutuhkan perhatian lebih.

Baca juga: Kadis Porapar Kalbar raih penghargaan pada Diklat PKN tingkat II

Dengan adanya koordinasi yang kuat antara BK3S, pemerintah, dan lembaga sosial lainnya, diharapkan berbagai masalah kesejahteraan sosial di Kalbar dapat diatasi lebih efektif dan efisien. Windy menyatakan bahwa komitmen BK3S dalam mendukung program kesejahteraan sosial akan terus ditingkatkan, baik melalui workshop, pelatihan, maupun berbagai program lainnya yang ditujukan untuk memperkuat kapasitas lembaga sosial di wilayah Kalbar.

"Kami akan terus berusaha menjadi mitra yang kuat bagi pemerintah dalam menangani masalah kesejahteraan sosial, dan akan terus mengembangkan berbagai program untuk mendukung kesejahteraan masyarakat Kalimantan Barat," katanya.

 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024