Pemerintah Kota Pontianak mulai melakukan renovasi Lapangan Sepak Bola Keboen Sajoek PSP sebagai upaya untuk menjadi kota khatulistiwa tersebut sebagai pusat kemajuan sepak bola di Kalimantan Barat (Kalbar).

“Renovasi ini menjadi semangat untuk menghidupkan kembali olahraga sepak bola, mengingat lapangan ini  merupakan saksi sejarah terhadap pembangunan Kota Pontianak. Kemudian diharapkan berfungsi menjadi pusat pertumbuhan sepak bola di Kalbar,” ujar Penjabat Wali Kota Pontianak Ani Sofian di Pontianak, Jumat.

Ia menjelaskan bahwa proses renovasi ditargetkan bisa rampung akhir Desember 2024, sehingga dapat difungsikan sebagaimana mestinya.

Baca juga: Kota Pontianak renovasi lapangan Keboen Sajoek dukung sepak bola

"Kita ingin pengerjaan renovasi selesai tepat waktu, sesuai target yang direncanakan. Dengan perbaikan lapangan kebanggaan warga ini, kita ingin Kota Pontianak kian dikenal sebagai sport city atau kota olahraga," papar dia.

Menurutnya perekonomian Pontianak sebagai kota perdagangan dan jasa juga bergantung pada sektor wisata. Perkembangan olahraga turut menjadi magnet bagi pendatang untuk menikmati Kota Pontianak.

“Jika sepak bola kita maju maka akan jadi magnet untuk pendatang dari luar daerah. Harapannya UMKM bisa meraup untung dari kegiatan sepak bola. Kita mulai dengan infrastruktur lapangan terlebih dahulu,” kata dia.

Seiring berjalannya waktu, olahraga sepak bola kian digandrungi. Prestasi sepak bola Timnas Indonesia juga terus meningkat. Momentum ini harus dimanfaatkan untuk mengembangkan sepak bola Pontianak.

Baca juga: Lapangan bola becek ,Satgas TMMD 110 Putussibau galikan parit

“Atlet muda potensial saya yakin banyak di Kota Pontianak. Tugas kami untuk mengasah potensi itu sehingga bisa bersaing di tingkat nasional maupun global,” ungkapnya.

Kini berbagai sudut di Kota Pontianak sudah difasilitasi sarana olahraga. Kegiatan olahraga digelar hampir setiap pekan. Ani Sofian optimistis, apabila kebiasaan baik berolahraga sudah mengakar bagi warga, akan memberikan dampak positif bagi pembangunan Kota Pontianak.

“Artinya masyarakat Kota Pontianak sudah produktif, olahraga rajin akan berdampak kepada performa kinerja, tentu berdampak baik pula untuk pembangunan,” kata dia.

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024