Senin, 23 Oktober 2017

Masyarakat Harap Pemda Jaga Kualitas Air Sungai

id Sambas, sungai sambas,
Masyarakat Harap Pemda Jaga Kualitas Air Sungai
Tampak aktivitas masyarakat di Dermaga Sungai Sambas yang melayani ratusan penumpang setiap harinya ( Dedi)


Pontianak (Antara Kalbar) - Masyarakat yang berada di bantaran Sungai Sambas, Kalimantan Barat, berharap Pemerintah Daerah (Pemda) Sambas menjaga kualitas air sungai melalui kebijakan dan regulasi yang diterbitkan.


"Air Sungai Sambas terutama di aliran Sungai Teberau, tidak lagi menguning seperti yang terjadi beberapa waktu yang lalu. Hal itu tentu diharapkan ke depan Pemda Sambas tetap menjaga kualitas sungai agar tetap jernih tanpa polusi," ujar satu di antara warga, Hadi saat dihubungi di Sambas, Kamis.



Dengan kondisi air yang mulai jernih dalam beberapa hari terakhir dijelaskan Hadi membuat warga di sekitar sungai tidak khawatir lagi.


"Air sungai sangat penting bagi kami karena untuk kebutuhan sehari-hari. Dengan kondisi air saat ini jadi kami tidak perlu khawatir," kata dia.


Ia berharap kondisi air sungai saat ini dapat bertahan selamanya. Sehingga masyarakat terutama yang menggunakan air Sungai Sambas terus berlanjut.


Ia meminta juga ke depan jika ada pelaku perusak lingkungan seperti aktivitas penambangan emas tanpa izin (PETI), pemerintah untuk menindak tegas.


"Pemerintah ke depannya ada penindakan yang tegas terhadap pelaku tanpa pandang bulu," papar dia.


Lanjutnya, apa yang dilakukan oleh pemerintah Kabupaten Sambas beberapa waktu lalu dengan mengkampanyekan sungai bersih harus direalisasikan dengan baik.


"Kita selaku masyarakat akan ikut dan turut menjaga sungai dan kebijakan pemerintah," kata dia.

Editor: Teguh Imam Wibowo

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga

Generated in 0.0181 seconds memory usage: 0.45 MB