E-commerce Menurut Bos Kaskus Andrew Darwis

Sabtu, 5 Mei 2012 9:46 WIB

Jakarta (ANTARA Kalbar) - Perdagangan elektronik melalui situs internet (e-commerce) sangat cocok diterapkan di Indonesia yang secara geografis terdiri dari pulau-pulau, demikian disampaikan pendiri situs komunitas kaskus.us, Andrew Darwis.

"Karena seringkali masyarakat di daerah tertentu, seperti Sulawesi atau Papua, mempunyai daya beli tinggi, tapi barang yang mereka butuhkan tidak tersedia di daerahnya," kata Andrew, selepas pendirian Asosiasi E-Commerce Indonesia (IDEA), di Jakarta, Kamis.

Andrew mengatakan model bisnis e-commerce yang banyak diminati pengguna internet di Indonesia adalah iklan baris (classified ads) seperti kaskus.us, tokobagus.com, dan tokopedia.com.

"Itu dapat dilihat dari jumlah lalu-lintas transaksi, disamping juga karena iklan baris lebih mudah dilakukan para penjual untuk bertemu dengan pembeli," kata Andrew, yang juga populer disapa 'Mimin' dalam forum-forum kaskus.

Andrew mencontohkan barang-barang yang mendominasi transaksi dalam model bisnis iklan baris antara lain elektronika, busana, dan makanan.

Terkait dengan pembentukan IDEA, Andrew mengatakan asosiasi itu nantinya akan melacak jumlah transaksi dalam jaringan (online) yang disesuaikan dengan model masing-masing bisnis, baik iklan baris, marketplace (situs transaksi), daily deals, maupun online retails.
(I026)

Pewarta:

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2012

Terkait

Mudik Gratis Antara Kalbar

Jumat, 31 Mei 2019 15:35

Lomba Foto

Jumat, 4 Mei 2018 10:00

Kalbar Targetkan 18 Besar Pon XVIII

Sabtu, 2 Juni 2012 17:11
Terpopuler