Jakarta (ANTARA Kalbar) - Wakil Sekretaris Jenderal Asosiasi Pemerintahan Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi), Muda Mahendrawan mengatakan Otonomi Expo 2012 menjadi ajang kabupaten untuk membuktikan keberhasilan 11 tahun otonomi daerah.

"Ini merupakan wujud kemajuan daerah," kata Muda Mahendrawan saat menghadiri Otonomi Expo 2012 yang digelar Apkasi di Jakarta, Kamis.

Otonomi Expo 2012 dipusatkan di Jakarta Convention Center, 24-27 Mei. Menurutnya, kegiatan itu juga menjadi ajang untuk memperlihatkan dan meyakinkan kepada publik kemajuan-kemajuan yang dicapai daerah-daerah otonom.

"Selama 11 tahun Otda, sudah menunjukkan bahwa daerah-daerah di Indonesia ini mampu bahkan percepatan pembangunan terus berlangsung. Dan dalam Expo ini, menunjukkan kemajuan daerah, siapa bilang otonomi daerah gagal, jangan lihat negatifnya saja," tuturnya.

Muda yang juga Bupati Kubu Raya Kalbar menyatakan, selama 11 tahun perjalanan Otda, pembangunan dapat dilakukan sampai ke pelosok-pelosok desa. Ia melanjutkan, dari yang tidak adil menjadi merata, dari yang tak terakomodasi terus terbuka aksesnya.

"Pelayanan birokasi dan perizinan juga semakin cepat, mudah, murah dan dekat," kata Muda.

Walaupun ada kabupaten yang masih tertinggal, kata Muda, dikarenakan kondisi infrastruktur yang harus dibangun lebih dahulu.

"Ini juga harus ditanya tanggung jawab siapa, dan kita harapkan dari expo ini ada evaluasi dari pemerintah pusat untuk mengalokasikan anggaran lebih besar kepada daerah serta mengupayakan investor-investor tidak membangun manufaktur di daerah mapan saja namun diarahkan ke daerah seperti Kalimantan. Ini akan mendorong percepatan pengolahan hasil hasil bumi dan produk di daerah," katanya.

(pso-171)

Pewarta:

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2012