Rasau Jaya (ANTARA Kalbar) - Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan KB Nasional Kalimantan Barat, Dwi Listyawardani mengatakan, ibu-ibu pascakelahiran menjadi prioritas dalam pelayanan program KB Kesehatan Bhayangkara Tahun 2012.

"Dengan harapan, mereka dapat langsung menggunakan alat kontrasepsi," kata Dwi Listyawardani di Rasau Jaya, Kubu Raya, Rabu.

Ia menambahkan, KB Kesehatan Bhayangkara merupakan salah satu upaya untuk mendorong pencapaian sasaran peserta sepanjang tahun ini.

"Dengan melibatkan kepolisian, selaku mitra dalam melaksanakan program-program KB dan kependudukan," ujar dia.

Ia mengakui, Polda Kalbar berperan aktif dalam menggelar KB Kesehatan Bhayangkara. "Kalau di daerah lain, malah BKKBN yang lebih banyak aktif. Di Kalbar, Polda yang lebih aktif," kata Dwi Listyawardani.

Ia menyadari, kemitraan memegang peran yang strategis dalam menunjang program-program KB dan kependudukan.

Kepala Polda Kalbar, Brigjen (Pol) Unggung Cahyono mengatakan jajaran kepolisian sangat peduli dalam mendukung program pemerintah selain program rutin.

"Makna dari kegiatan ini, untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan sosial yang jadi program pemerintah," kata Unggung Cahyono.

Ia menyadari, ada korelasi yang signifikan dengan tugas-tugas kepolisian. Unggung berharap, masyarakat dapat memeriksakan sekaligus berkonsultasi di ajang tersebut.

Ia yakin, keluarga yang sehat dan berkualitas mampu menghadapi tantangan yang semakin berat di masa mendatang.

Selain itu, akan dilakukan pengecekan ke sejumlah lokasi seperti Toho (Kabupaten Pontianak), Tentank (Kabupaten Sintang), Muara Pawan (Kabupaten Ketapang).

"Kunjungan sekaligus untuk melihat realisasinya sejauh mana," kata dia. Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan mengatakan, Rasau Jaya merupakan daerah yang strategis dan menjadi sasaran utama perlintasan.

"Nanti akan bisa sinergi dengan anggota Persit Bhayangkari," kata Muda Mahendrawan.

(T.T011)

Pewarta:

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2012