Pontianak (ANTARA Kalbar) - Direktur Lalu Lintas Polda Kalbar Komisaris Besar (Pol) Lotharia Latif mengatakan, terjadinya kemacetan di jalan-jalan protokol di Kota Pontianak pada jam-jam sibuk banyak dipicu karena ketidakdisiplinan masyarakat itu sendiri.

"Kemacetan sering terjadi di perempatan Jalan Tanjung Raya I dan II dan Jalan Paralel Jembatan Kapuas I Pontianak pada jam-jam pulang kantor, serta Sabtu dan Minggu sore," kata Lotharia Latif di Pontianak, Minggu.

Ia menjelaskan, setelah melakukan observasi lapangan, ternyata penyebab kemacetan karena tidak disiplinnya para pengguna kendaraan bermotor itu sendiri.

"Banyak pengguna kendaraan bermotor dari arah Jalan Tanjung Raya I dan II yang selalu menorobos lampu merah, sehingga ketika pengguna kendaraan dari arah lain yang lampu pengatur lalu lintasnya warna hijau hendak berjalan bertemu di pertengahan perempatan itu, akibatnya menimbulkan kemacetan yang panjang," ungkapnya.

Dirlantas Polda Kalbar mengimbau, agar masyarakat menaati rambu-rambu dan lampu pengatur lalu lintas agar tidak terjadi kemacetan. "Budayakanlah antre di jalan raya sehingga tercipta ketertiban berlalu lintas serta tidak menyebabkan kemacetan," ujar Latif.

(A057)

Pewarta:

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2012