Pontianak (ANTARA Kalbar) - Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Kalimantan Barat menggelar pelatihan fasilitator bagi relawan guna meningkatkan kemampuan para relawan dalam pencapaian program-program PMI untuk membantu masyarakat.

"Pelatihan fasilitator bagi relawan PMI guna lebih meningkatkan sumber daya manusia yang kami miliki," kata Wakil Ketua Bidang Bencana PMI Provinsi Kalbar Anwar saat menjadi pembicara pada Pelatihan Fasilitator dan Relawan PMI Kalbar di Pontianak, Selasa.

Ia menjelaskan, kehadiran relawan di lingkungan PMI merupakan kunci penting dalam upaya pembinaan karakter generasi muda guna pencapaian program-program kerja PMI pada semua tingkatan.

Hanya saja, menurut dia, saat ini pembinaan relawan PMI dihampir semua tingkatan, baik cabang maupun provinsi, dinilai masih minim dilakukan dalam meningkatkan SDM para relawan PMI.

Persoalan minimnya pembinaan berkelanjutan yang dilakukan oleh PMI di tingkat cabang, misalnya sampai saat ini masih menjadi permasalahan yang dihadapi oleh organisasi kepalangmerahan Provinsi Kalbar.

"Salah satu penyebabnya kurangnya tenaga fasilitator PMI untuk mendukung pembinaan dalam melaksanakan program-program pengembangan PMI kedepan," ungkap Anwar.

Untuk itu, PMI Provinsi Kalimantan Barat menggelar pelatihan fasilitator yang diikuti oleh 29 relawan yang merupakan utusan PMI cabang se_Kalbar yang digelar tiga hari kedepannya.

Salah satu tujuan penting kegiatan ini, yakni upaya PMI Provinsi Kalbar dalam rangka memenuhi kebutuhan tenaga fasilitator PMI di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota yang nantinya berguna dalam membangun dan mengembangkan potensi SDM PMI pada masing-masing wilayah.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelatihan Fasilitator dan Relawan PMI Kalbar Adi Sumariadi mengatakan, secara khusus kegiatan ini merupakan upaya pengayaan dan memberikan pengetahuan maupun keterampilan kepada relawan PMI untuk mempersiapkan diri dalam pelaksanaan temu karya relawan PMI tingkat nasional yang akan digelar di Kota Malang, Jawa Timur 2013.

"Relawan PMI Kalbar tentunya sudah harus bersiap diri agar siapa pun yang menjadi utusan Kalbar nanti memiliki kapasitas yang memadai karena membawa nama daerah," kata Adi.

(A057)

Pewarta:

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2012