Jakarta (ANTARA Kalbar) - Juru Bicara Komisi Yudisial (KY) Asep Rahmat Fajar mengatakan, sebanyak 101 orang telah mendaftarkan seleksi calon hakim agung (CHA) hingga penutupan pada Kamis sore.

"Sampai penutupan waktu pendaftaran pada Kamis sore ini, jumlah pendaftar seleksi CHA adalah 101 orang terdiri dari 75 orang melalui jalur karir dan 26 melalui jalur nonkarir," kata Asep, di Jakarta.

Menurut dia, jumlah pendaftar yang mencapai 100 orang lebih ini sesuai dengan harapan KY.

Asep berharap masih bisa bertambah dari pendaftar yang menggunakan pos tercatat maksimal tanggal 28 Juni 2012.

"Setelah proses pendaftaran ini, sebagaimana diatur dalam UU, dalam selambat-lambatnya 15 hari kerja KY akan melakukan seleksi administrasi," katanya.

Seperti diketahui, KY membuka pendaftaran calon hakim agung 2012 untuk menggantikan empat hakim agung yang akan pensiun, yakni Mansur Kartayasa yang pensiun per 1 Agustuis 2012, H Achmad Sukaja pensiun 1 Oktober 2012, Reghena Purba 1 Desember 2012 dan Djoko Sarwoko per 1 Januari 2013 serta kekurangan satu orang seleksi sebelumnya.

Berdasarkan Pasal 18 UU KY yang intinya menyebutkan bahwa KY menetapkan dan mengajukan tiga calon hakim agung ke DPR untuk setiap satu lowongan hakim agung, maka KY wajib menyerahkan 15 calon hakim agung untuk mengisi lima lowongan hakim yang diminta MA tersebut untuk diserahkan ke DPR guna dilakukan uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test).

Pembukaan pendaftaran calon hakim agung pada 8-28 Juni 2012 dilanjutkan tahapan seleksi, yakni seleksi administrasi, seleksi kualitas, seleksi kepribadian dan kesehatan, seleksi wawancara terbuka.

(J008)

Pewarta:

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2012