Sungai Raya (ANTARA Kalbar) - Sebanyak 30 grup drum band dari tingkat SD hingga SMA yang ada di Kabupaten Kubu Raya turut memeriahkan rangkaian kegiatan Kubu Raya Fair.

Ribuan masyarakat Kubu Raya yang ingin menyaksikan atraksi drum band terbaik di kabupaten itu pun memadati lapangan sepak bola mutiara yang berada di Jalan Adisucipto Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya.

Mereka menyaksikan lomba drum band yang di ikuti para pelajar yang mewakili sekolah mereka masing-masing yang ada di Kubu Raya. Lomba tersebut diadakan untuk melihat sejauh mana perkembangan drum band di Kubu Raya serta untuk memeriahkan Kubu Raya Fair yang digelar dalam rangka hari jadi Kabupaten Kubu Raya ke lima.

"Drum band ini sengaja kita perlombakan sebagai rangkaian kegiatan Kubu Raya Fair. Tujuan dari perlombaan ini untuk membangun karakter para pelajar," kata Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan, Sabtu.

Menurutnya, untuk mendukung pengembangan minat dan bakat putra-putri Kubu Raya, tahun 2011 lalu, pihaknya telah membagikan puluhan peralatan drum band yang diberikan kepada para pelajar di Kubu Raya untuk lebih mengembangkan drum band tersebut.

"Ini hasil pemberian bantuan tahun lalu, dimana dari informasi yang kita dapat dari setiap sekolah yang sudah mendapatkan bantuan itu, siswa-siswa sudah latihan dan kita pertandingkan di saat kegiatan ini. Kegiatan ini akan
diagendakan setiap tahunnya untuk melihat perkembangan anak-anak Kubu Raya dalam bermain drum band tersebut," tuturnya.

Dari 30 peserta festival drum band tersebut, terdiri atas 14 Sekolah Dasar (SD), 4 Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan 12 Sekolah Menengah Atas (SMA) yang mengikuti kegiatan drum band tersebut. Mereka masing-masing mempertunjukkan kemampuan mereka masing-masing dalam bermain drum band.

"Alhamdulillah, untuk saat ini drum band yang ada di Kubu Raya prestasinya sudah di ketahui oleh publik jika sudah dapat bertanding dalam even yang cukup bergengsi, bahkan ada yang mendapatkan juara. Mereka mendapatkan juara se- Kalbar, baik dari SD hingga SMA dan itu artinya anak-anak Kubu Raya akan muncul kreatifitasnya dan semangatnya," kata Muda.

Muda mengharapkan para pelajar tersebut dapat saling memotivasi, baik guru, sekolah serta orang tua siswa itu sendiri.

"Tahun ini akan kita akan berikan kembali kepada para pelajar. Bagi yang tidak dapat jangan pesimis, maksud kita bagi yang belum mendapatkan alat itu, pelan-pelan mereka bagaimana melakukan pengumpulan sedikit-sedikit, baik iuran maupun dari dana Bosda," katanya.

Dia juga menjelaskan, drum band tersebut merupakan salah satu upaya peningkatan mutu untuk membangun karakter taruna dari para pelajar.

"Untuk melatih mereka menjadi lebih kompak, mengalahkan egoisme mereka masing-masing. Ini dapat membangun semangat dari anak-anak di kampung-kampung atau daerah yang jauh sekalipun, karena mereka akan termotivasi untuk berbuat lebih baik salah satunya dengan kebersamaan dalam bermain drum band ini," katanya.

(pso-171)



Pewarta:

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2012