Pontianak, 31/7 (ANTARA) - DPRD Kabupaten Kapuas Hulu menyarankan pemerintah setempat untuk memperbanyak tenaga penyuluh pertanian, guna memberikan pemahaman kepada masyarakat dalam meningkatkan produktivitas pertaniannya.

"Kita mengharapkan pemerintah daerah dapat merealisasikan program satu desa satu penyuluh. Agar pembangunan di sektor pertanian dapat tercapai," kata Ketua Komisi B DPRD Kapuas Hulu, Gupung, Selasa.

Dia menyatakan, berdasarkan visi dari Menteri Pertanian di Indonesia akan mengembangkan satu desa satu penyuluh dengan satu produk unggulan. Dengan visi tersebut, perhatian menjadi lebih fokus dan masyarakat desa dapat dengan mudah membangun unit usaha yang memenuhi persyaratan ekonomi, efisien, dan efektif, yang berujung pada peningkatan produktivitas, mutu hasil, nilai tambah, dan kesejahteraan masyarakat setempat.

"Strategi pembangunan infrastrukturnya menjadi lebih mengena, karena disesuaikan dengan jenis komoditas yang akan dikembangkan. Kita menyarankan program satu desa satu penyuluh dapat terealisasi, namun memang kembali kepada daerah mampu atau tidak merealisasikan satu desa satu penyuluh ini," katanya.

Namun, lanjut Gupung, setidak-tidaknya desa-desa yang memiliki potensi pertanian harus ada penyuluh. Penyuluh yang ditempatkan pun harus memiliki keahlian terhadap komoditas yang dikembangkan masyarakat desa setempat.

"Bila desa banyak bercocok tanam padi, maka letakkanlah penyuluh ahli padi. Begitu juga dengan desa yang mengembangkan karet, ikan atau sebagainya, sehingga terjalin hubungan antara masyarakat dengan penyuluh tersebut," tuturnya.

Tidak seperti sebelumnya, kini penyuluh kembali ke dinas masing-masing. Pemda melalui instansi masing-masing harus benar-benar menganggarkan dana bagi penyuluh, pasalnya peran penyuluh sangat penting.

"Namun penyuluh jangan hanya membimbing masyarakat bagaimana bercocok tanam yang baik, tapi juga harus dapat mencarikan cara dan solusi pemasarannya. Sebab memasarkan produk pertanian juga sangat penting, agar masyarakat lebih bersemangat," kata Gupung.

Mengingat pentingnya seorang penyuluh, pemerintah daerah mesti dapat memberikan mereka motivasi. Bila perlu diberikan penghargaan atau reward terhadap penyuluh-penyuluh berprestasi.

"Inovasi-inovasi seperti ini perlu juga dipikirkan, agar mereka termotivasi dan bersemangat," tuturnya.

***2***

(U.pso-171/

(U.pso-171/B/N005/N005) 31-07-2012 12:16:47

Pewarta:

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2012