Pontianak  (ANTARA Kalbar) - Sebanyak 636 pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kota Pontianak, Kamis, menerima Satya Lencana Karya Satya yang diserahkan secara simbolis oleh Wali Kota setempat Sutarmidji di Pontianak Convention Center.

"Hari ini sebanyak 636 PNS Pemkot Pontianak menerima Satya Lencana Karya Satya dari Presiden SBY," kata Sutarmidji usai menyerahkan Satya Lencana tersebut.

Sutarmidji menjelaskan, ada tiga kategori penghargaan SLKS tersebut yakni pengabdian 30 tahun sebanyak 200 orang, 20 tahun sebanyak 329 orang, dan 10 tahun sebanyak 107 orang.

Menurut dia, pengusulan tanda kehormatan SLKS bagi PNS untuk menghargai mereka yang telah bekerja dengan penuh kesetiaan kepada Pancasila, Undang-undang Dasar 1945, negara dan pemerintah.

Wali Kota Pontianak meminta para PNS penerima penghargaan tersebut menjadikannya semangat untuk lebih meningkatkan etos kerja.

"Bagi guru, jadilah seorang guru yang dinantikan murid-muridnya, bagi PNS jadilah pelayan publik yang jujur, transparan dan ramah," ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Sutarmidji menyatakan efisiensi dan efektifitas PNS di lingkungan Pemkot Pontianak jauh lebih baik apabila dibandingkan secara nasional.

"Rasio PNS secara nasional adalah 1,94 atau hampir mencapai dua persen dibanding jumlah penduduk Indonesia, tetapi untuk Kota Pontianak rasionya hanya 1,1 persen dibanding jumlah penduduknya," kata Sutarmidji.

Sri Anggraheny salah seorang yang menerima penghargaan SLKS untuk masa pengabdian 30 tahun menyatakan senang karena dianugerahi SLKS yang pertama kalinya selama dirinya mengabdi sebagai guru di SD Negeri 31 Kecamatan Pontianak Barat.

"Penghargaan Satya Lencana ini juga untuk memotivasi agar saya dan teman-teman lainnya untuk bekerja lebih baik lagi dan mengabdi kepada masyarakat dan negara," ujar guru yang telah mengabdi sebagai PNS selama 32 tahun itu. (A057)

Pewarta:

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2012