Pontianak (ANTARA Kalbar) - Pemerintah Kabupaten Siak, Rabu, melakukan kunjungan kerja terkait belajar penerapan Kota Layak Anak atau KLA di Kota Pontianak, Kalimantan Barat.

"Kami sengaja datang ke Kota Pontianak untuk belajar langsung menjelang diwujudkannya Kabupaten Siak sebagai KLA pada 2013," kata Bupati Siak Syamsuar seusai melakukan pertemuan dengan Wali Kota Pontianak Sutarmidji.

Syamsuar menjelaskan, dipilihnya Pemkot Pontianak sebagai acuan untuk belajar bagaimana menerapkan KLA, karena Pontianak sudah terbilang sukses dalam menerapkan KLA.

"Oleh karena itu, kami berkunjung ke sini dalam rangka belajar, apa saja yang harus disiapkan dari awal sehingga nanti kami bisa mencapai itu," ujar Syamsuar.

Menurut dia, Pemkab Siak telah mempersiapkan segala hal berkaitan dengan KLA seperti organisasi, lembaga serta sarana dan prasarana, termasuk pembiayaan yang masuk dalam APBD Kabupaten Siak.

Sementara itu, Wali Kota Pontianak Sutarmidji menyambut baik kunjungan dari Pemkab Siak dalam belajar untuk mewujudkan sebagai KLA, dan Pemkot Pontianak sudah sering kali tujuan daerah-daerah lainnya sebagai tempat studi banding terkait KLA.

"Ada sekitar 30-an hak-hak anak dalam UU Perlindungan Anak, dari itu sebagaian besar sudah kami penuhi, bidang pendidikan, pengadaan sarana infrastruktur sarana bermain anak, Pontianak juga memiliki Taman Alun-alun Kapuas, dan lain-lain," ujar Sutarmidji.

Bahkan, rencananya tahun 2013 Pemkot akan menggratiskan biaya sekolah negeri mulai tingkat Taman Kanak-kanak hingga SMA/sederajat, kata Sutarmidji.

(A057)

Pewarta:

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2012