Nanga Tayap, Ketapang, (Antara Kalbar) - Warga di jalur yang dilewati rombongan Pesona Bhayangkara Kencana "Borneo Mupen on the Road" Kalimantan Barat 2013 terlihat antusias menyambut iring-iringan puluhan kendaraan yang didominasi mobil unit penerangan (Mupen) milik BKKBN, Rabu sore.

Rombongan Pesona Bhayangkara Kencana "Borneo Mupen on the Road" Kalimantan Barat 2013 menyusuri Trans Kalimantan poros selatan menuju Kalimantan Tengah.

Tahun lalu, kegiatan serupa juga digelar namun rutenya masih di dalam wilayah Provinsi Kalbar. Dimulai dari Kota Pontianak, Kabupaten Pontianak, Kota Singkawang, Kabupaten Bengkayang dan kembali ke ibu kota provinsi itu.

Di tiap titik pemberhentian, ada pelayanan untuk KB bagi masyarakat sekitar.

Sedangkan tahun ini, mengambil rute dari Pontianak menuju Tayan Hilir (Kabupaten Sanggau), lalu ke Kabupaten Ketapang.

Lokasi pelayanan di Kabupaten Ketapang di Puskesmas Kecamatan Balai Berkuak dan Kecamatan Nanga Tayap.

Rombongan berangkat dari Polair Polda Kalbar di Pontianak, tiba di Tayan Hilir sekitar pukul 13.00 WIB.

Setelah meninjau pelayanan di puskesmas, rombongan menyeberangi Sungai Kapuas menuju Balai Berkuak dan tiba sekitar pukul 16.00 WIB.

Di Puskesmas Balai Berkuak, untuk pelayanan KB di hari itu, tercatat pengguna pil delapan orang, suntik 18 orang, dan enam implant.

Sepanjang perjalanan hampir 400 kilometer itu, setiap mupen membunyikan sirene. Selain itu, dengan bantuan pengeras suara sekaligus menyampaikan imbauan mengenai program KB, pentingnya merencanakan keluarga berkualitas, serta dua anak lebih baik.

Warga yang dilewati rombongan mendekati pinggir jalan karena rombongan terlihat menarik perhatian mereka.

"Kita ingin mengingatkan kembali ke penduduk, terutama yang dilalui rombongan, mengenai program KB," ujar Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Kalbar, Dwi Listyawardani yang ikut dalam rombongan tersebut.

Di Kecamatan Nanga Tayap, rombongan tiba sekitar pukul 20.00 WIB untuk beristirahat sebelum melanjutkan perjalanan esok hari menuju Kalteng.

Warga setempat dihibur dengan pemutaran film yang diselingi ajakan mengikuti program KB. ***4***

T011

(T.T011/B/T007/T007) 12-06-2013 23:17:05

Pewarta:

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2013