Singkawang (Antara Kalbar) - Kepala Bidang Komunikasi dan Informatika Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kota Singkawang, Istri Handayani, menyambut baik upaya Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kota Singkawang yang mau bekerjasama dengan Dishubkominfo untuk menyelenggarakan penyuluhan dan pelatihan pemanfaatan teknologi dan informasi (TI) untuk organisasi wanita se-Kota Singkawang.

Istri mengungkapkan pemanfaatan teknologi dan informasi (TI) di Kota Singkawang sebagian besar masih pada tahap otomatisasi, alias sekadar membantu efisiensi pekerjaan bahkan kebanyakan remaja sebagian hanya untuk tahap hiburan, seperti games, media sosial dan jaringan sosial via internet.

 â€œKebanyakan di Singkawang baru pada tahap awal, TI hanya untuk otomatisasi. Padahal di dunia sudah pada level transformation of busines. IT dan bisnis sudah tidak bisa dipisahkan lagi,” ujar Istri, Rabu.

Dia menjelaskan perkembangan TI telah mengubah peran TI. Terdapat tiga tahap perkembangan teknologi, mulai dari teknologi otomatisasi untuk efisiensi, teknologi manajemen untuk efektifitas, dan  transformation of business di mana TI menjadi pelopor inovasi perusahaan. Salah satu contoh transformasi bisnis itu ialah layanan e-commerce dan e-banking.

Istri l mengatakan belum maksimalnya pemanfaatan TI karena masih minimnya sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni di bidang teknologi. Kemajuan bisnis tidak lagi diukur dari banyaknya staf TI, manajemen komputasi atau luasnya pusat data.Tolok ukur sesungguhnya ialah penyediaan inovasi, percepatan, wawasan, dan keamanan teknologi untuk menghasilkan keuntungan perusahaan.

Oleh karena itu dia menyambut baik adanya keinginan GOW Kota Singkawang, untuk memanfaatkan sumber daya yang ada di Dishubkominfo berupa sarana penunjang seperti Media Center, SDM, Mobil Pusat Internet Kecamatan, Mobil Siaran Keliling, dll untuk menunjang program dan kegiatan di Gabungan Organisasi Wanita Kota Singkawang.

“Sesuai dengan hasil koordinasi- kegiatan akan dibuka pada Kamis (5/9) bertempat di Sekretariat Tim Penggerak PKK Kota Singkawang, dan akan diikuti oleh utusan-utusan dari organisasi wanita se Kota Singkawang. Tahap awal selain bersifat sosialisasi dan identifikasi kemampuan peserta, juga motivasi pada peserta akan manfaat IT apabila dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya akan memberikan dampak positif. Selanjutnya akan dilanjutkan dengan pelatihan praktek yang akan dihelat di Dishubkominfo, sampai peserta merasa mampu” pungkas Istri.

Pewarta:

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2013