Pontianak (Antara Kalbar) - Pemerintah Kota Pontianak melalui Badan Kepegawaian Daerah setempat, Rabu, melakukan inspeksi mendadak (Sidak) kehadiran pegawai negeri sipil di lingkungannya, setelah cuti bersama Hari Raya Idul Adha 1434 Hijriyah.

"Kami memang sengaja melakukan Sidak kehadiran PNS di lingkungan Pemkot Pontianak terutama di lingkungan Kantor Terpadu Jalan Sutoyo karena semua pelayanan perizinan ada disana," kata Kepala BKD Kota Pontianak Khairil Anwar.

Sidak yang dilakukan oleh BKD Kota Pontianak, yakni di kawasan Kantor Terpadu, yang dimulai pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, disusul Dinas Cipta Karya, Tata Ruang dan Perumahan, Dinas Pendidikan, dan Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (BP2T).

Dari pantauan di lapangan, tampak kehadiran tim Sidak dari BKD Kota Pontianak membuat kaget sejumlah PNS yang bertugas di lingkungan Kantor Terpadu tersebut. Tim dari BKD Kota Pontianak langsung mengambil absensi kehadiran pegawai di empat SKPD tersebut.

"Dari hasil sidak sejauh ini kehadiran PNS di lingkungan Pemkot sudah cukup baik, mereka datang tepat waktu dan sudah melaksanakan tugas sebagaimana mestinya terutama pelayanan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat," ujar Khairil.

Meskipun demikian, diakuinya masih ada beberapa pegawai yang tidak melakukan absensi sebagaimana lembaran absen yang diserahkan masing-masing SKPD saat dilakukan sidak.

"Masih ada satu dua orang yang tidak membubuhkan paraf pada absensi, kami belum tahu apakah yang bersangkutan hadir namun lupa paraf absen atau memang belum hadir sehingga akan kami cek," ujarnya.

Apabila dari hasil pemeriksaan ditemukan pegawai tersebut tidak hadir kerja tanpa alasan, maka akan diberikan sanksi kepada pegawai itu sesuai dengan Peraturan Pemerintah No. 53/2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil, katanya.

Khairil menambahkan, cuti bersama Hari Raya Idul Adha dimulai tanggal 14-15 Oktober 2013. "Jadi tanggal 16 Oktober seluruh pegawai sudah harus masuk kerja seperti biasa dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat," katanya.

Pewarta: Andilala

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2013