Pontianak (Antara Kalbar) - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Kalimantan Barat membidik kalangan remaja melalui ajang pencarian bakat komedi untuk mensosialisasikan pendewasaan usia perkawinan.

"Pendewasaan usia perkawinan itu melalui kegiatan generasi berencana. Untuk menggalang kalangan muda, salah satunya melalui acara komedi ini," kata Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Kalbar Dwi Listyawardani di sela audisi Komedi Genre di Pontianak, Kamis.

Ia melanjutkan, di Kalbar, hasil survei menunjukkan bahwa angka kelahiran di kalangan ibu usia remaja terbilang tinggi yakni 104 per seribu. "Artinya, wanita usia 15 tahun sampai 19 tahun di Kalbar, ada 104 orang yang pernah hamil dan pernah punya anak," kata dia.

Kemudian, berdasarkan hasil penelitian, sekitar 30 persen diantaranya hamil sebelum menikah. Sedangkan alasan lain, misalnya karena budaya, ekonomi dan sebab-sebab lainnya.

Anggota Komisi IX DPR RI Karolin Margret Natasa menambahkan, generasi muda merupakan sasaran penting dalam pencapaian program KB dan kependudukan. "Dulu, program ini bernama Program Keluarga Berencana Remaja. Nama yang kurang familiar," ujar dia.

Program tersebut kemudian diubah menjadi generasi berencana atau disingkat GenRe.

"Dan semua program pemerintah, semua sangat tergantung dengan jumlah penduduk. Sehingga harus dikendalikan," kata Karolin.

Ajang Komedi Genre tahun ini mengambil tema "Pernikahan Ideal (diatas 20 tahun untuk wanita dan diatas 25 tahun untuk pria) Sebagai Gerbang Mewujudkan Keluarga Kecil Bahagia dan Sejahtera".

Audisi digelar di 10 kota yakni Pontianak, Jakarta, Medan, Palembang, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Makassar dan Denpasar. Final akan digelar di Jakarta pada 6 Desember 2013.

Dwi Listyawardani melanjutkan, dengan menggunakan komedi sebagai media penyampaian sosialisasi, diharapkan program BKKBN dapat menyentuh berbagai lapisan masyarakat terutama generasi muda.

"Berencana punya anak, jarak kelahiran antaranak pertama dan kedua, berencana pengasuhan anak, pendidikan anak dan berencana membentuk keluarga kecil, bahagia dan sejahtera," kata Dwi Listyawardani.

Pewarta: Teguh Imam Wibowo

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2013