Jakarta (Antara Kalbar) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meminta kepada seluruh kementerian dan lembaga baik di pusat maupun daerah untuk mengerahkan segala kemampuan yang ada agar penanggulangan banjir bisa berjalan optimal.

"Presiden berpesan agar seluruh kementerian dan lembaga baik di pusat maupun daerah untuk mengerahkan segala kemampuan yang ada dalam penanggulangan banjir dan bencana alam lainnya," kata Menteri Koordinator bidang Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono di Jakarta, Kamis, mengulang pesan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono kepada jajarannya.

Untuk itu, pemerintah pusat terus melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah dalam penanggulangan bencana.

Sejumlah bencana, tambah Agung, menjadi perhatian pemerintah pada saat ini yakni banjir di Sulawesi Utara, Erupsi Gunung Sinabung di Sumatera Utara dan lain sebagainya.

"Presiden ikut mengamati perkembangan bencana-bencana alam tersebut dan telah meminta jajarannya untuk segera melakukan upaya penanggulangan," katanya.

Presiden, tambah Agung, rencananya akan meninjau langsung kondisi terkini erupsi Gunung Sinabung di Sumatera Utara pada tanggal 23 Januari 2014.

Sementara itu, presiden memerintahkan Menkokesra untuk meninjau langsung kondisi banjir di Sulawesi Utara pada Sabtu 18 Januari 2014.

"Saya akan berangkat ke Manado pada Sabtu pagi," kata Agung.

Dia mengatakan, dirinya ingin melihat secara langsung situasi terkini pascabanjir di sejumlah wilayah tersebut.

"Saya juga ingin melihat secara langsung upaya penanggulangan bencana yang dilakukan instansi terkait dan petugas di lapangan," katanya.

Sementara itu, Agung menambahkan, berdasarkan laporan sementara yang dia terima dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah Manado, Sulawesi Utara, diketahui bahwa 2.000 warga mengungsi karena musibah banjir.  

(Ridwan Ch)
 

Pewarta: Wuryanti Puspitasari

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014