Sungai Raya (Antara Kalbar) - Mantan Ketua Komisioner KPU Kabupaten Kubu Raya, Idris Maheru mengharapkan pengurus KPU yang baru bisa lebih baik bekerja dalam menyukseskan berbagai agenda Pemilu di kabupaten itu.

"Saya sebagai mantan Ketua KPU Kubu Raya periode sebelumnya, menyampaikan terima kasih kepada masyarakat Kubu Raya yang telah berpartisipasi dalam menyukseskan beberapa pemilihan umum yang telah terselenggara dengan sukses seperti pemilu legislatif tahun 2009. Pemilu presiden tahun 2009, pemilu Bupati dan Wabup Kubu Raya tahun 2013, semuanya telah berjalan semestinya," kata Idris Maheru di Sungai Raya, Rabu.

Ia menjelaskan, tentunya dalam waktu yang singkat itu, komisioner KPU Kubu Raya yang baru dilantik tidak bisa berleha-leha lagi, mengingat agenda-agenda besar telah di depan mata dan harus secepatnya dipersiapkan.

"Sudah seyogyanya, persiapan untuk menjelang menjelang Pemilu 9 April 2014 telah dimatangkan," tuturnya.

Dirinya meminta komisioner yang baru itu langsung memulai dan fokus terhadap pemilu legislatif yang tinggal beberapa bulan lagi. Menurutnya, agenda yang telah diselenggarakan Komisioner KPU yang lama tinggal di lanjutkan saja dan tidak harus memulai dari awal lagi.

"Hal-hal yang mesti dilaksanakan, seperti mensosialiasikan tata cara pemungutan suara, penghitungan suara sampai surat suara yang tidak sah, sudah selayaknya disosialisasikan dari sekarang," katanya.

Idris menambahkan, dengan adanya Relawan demokrasi yang telah terbentuk belum lama ini, komisioner KPU yang baru tinggal menggerakkan saja para anggota yang telah direkrut menjadi relawan tersebut.

"Ketika relawan demokrasi telah berjalan dengan baik, maka upaya-upaya peningkatan partisipan pemilu kita yakin akan meningkat dan pengawalan terhadap kinerja relawan harus fokus dijalankan," kata Idris.

Selaku mantan Ketua KPU Kubu Raya, dia mengapreasiasi dan mengucapkan selamat kepada Komisioner KPU yang baru dan di dalamnya juga masih ada komisioner KPU yang lama dan tetap bertahan seperti Gustiar dan Widarno.

"Sebagai komisioner KPU yang lama, kita berharap kepemimpinan kawan-kawan yang sekarang dan di dalamnya ada komisioner yang lama dapat lebih maksimal karena telah berpengalaman mempersiapkan pemilu yang lalu," katanya. 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014