Singkawang (Antara Kalbar)  - Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kota Singkawang, Sumastro, menyampaikan dalam upaya meningkatkan keselamatan dan ketertiban pengguna jalan, pihaknya akan melaksanakan meluncurkan program 'Patroli Jalan dan Fasilitas Keselamatan Jalan' pada  Rabu (23/4) di halaman Kantor Wali Kota Singkawang.

Peluncuran itu akan diresmikan langsung oleh  Wali Kota Singkawang, Awang Ishak.

“Sesuai dengan tugas pokok dan fungsi Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika, kita selalu berupaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat khususnya yang terkait dengan urusan wajib bidang perhubungan dan kominfo.  Sedang yang akan diluncurkan oleh Wali Kota pada Rabu, adalah tim yang  terdiri dari aparatur Dishubkominfo, yang akan melaksanakan patroli jalan dan fasilitas keselamatan jalan," kata Mastro, Selasa.

Dalam melaksanakan patroli, aparat tidak menggunakan kendaraan bermotor apalagi mobil mewah, demi efesiensi dan efektivitas,. Selain itu  sebagai upaya mewujudkan kebersamaan dan kesehatan, tim patroli dalam melaksanakan tugas akan menggunakan sepeda.

"Kenapa kita memilih menggunakan kendaraan berupa sepeda? Selain lebih hemat dan ramah lingkungan, lebih sehat, lebih familiar dengan masyarakat juga diharapkan dengan sepeda ini, personel bisa lebih cermat dan teliti dalam melaksanakan tugasnya. Dan ke depan tim ini diharapkan bisa menjadi pelopor Bike to Work Singkawang," harap Mastro.

Menurut Mastro, untuk tahap awal pihaknya akan menurunkan sepuluh personel patroli yang bersepeda  untuk wilayah Kota Singkawang. Patroli akan dilakukan secara kontinyu  seminggu tiga kali, dengan personel yang bergantian.

“Semua personel di Dishubkominfo sudah siap melakukan patroli jalan dan fasilitas keselamatan jalan, dari sisi kemampuan mereka sudah pernah mengikuti In House Trainning yang dilaksanakan oleh Pusat Pengembangan SDM Bidang Perhubungan Darat Kementerian Kominfo beberapa waktu yang lalu," katanya.

Pewarta:

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014