Pontianak (Antara Kalbar) - Pemerintah Kota Pontianak kembali menghijaukan Taman Alun-alun Kapuas dengan menambahkan dan menanam kembali berbagai jenis pohon yang saat ini sudah tumbuh besar, kata Wakil Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono.

"Hari ini saya bersama rombongan Bandar Kuching Utara, Sarawak melakukan penanaman pohon di beberapa titik di Kota Pontianak, yang diawali dengan menanam sepuluh pohon di Taman Alun Kapuas, kemudian dilanjutkan dengan penghijauan Rumah Sakit Kota Pontianak," kata Edi Rusdi Kamtono di Pontianak, Jumat.

Ia menjelaskan penghijauan Kota Pontianak ini merupakan salah satu agenda penting yang terus digalakkan oleh Pemkot Pontianak ke depannya.

"Kalau di Taman Alun Kapuas ini, ada sepuluh titik yang telah ditanami pohon trembesi. Selain menanam juga diikuti dengan perawatan, diperhatikan tata letak dan jaraknya juga," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, dia juga mengajak rombongan Bandar Kuching Utara yang kebetulan sedang melakukan kunjungan ke Kota Pontianak untuk berpartisipasi dalam kegiatan tanam pohon tersebut.

"Kota Pontianak juga mendapatkan bibit pohon dari rombongan Bandar Kuching Utara yang akan kita tanam di beberapa titik di Kota Pontianak," ungkapnya.

Sementara itu, Perwakilan Rombongan Bandar Kuching Utara Kamaludin menjelaskan, tujuan kunjungan mereka kali ini selain mempererat hubungan antara dua negara yang saling bertetangga itu, juga melakukan kegiatan yang bermanfaat bagi kedua belah pihak.

"Hari ini kami senang sekali mendapat kesempatan ikut menanam pohon, kami juga berkesempatan menanam beberapa bibit pohon yang kami bawa," ujarnya.

Rombongan Bandar Kuching Utara membawa 100 bibit pohon yang diberikan sebagai hibah untuk Pemerintah Kota Pontianak.

Pemerintah Kota Pontianak menargetkan bisa menanam satu juta pohon hingga tahun 2016.

Pewarta: Andilala

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014