Jakarta (Antara Kalbar) - Harga beras di beberapa pasar di Jakarta sudah mengalami penurunan rata-rata Rp200 per kilogramnya seperti yang terjadi di Pasar Mayestik dan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

"Baru kemarin (Minggu, 1/3) rata-rata harga beras di sini sudah mulai turun," kata Fauzi, salah satu pedagang beras di Pasar Mayestik, saat ditemui Antara, Senin.
       
Berdasarkan pantauan Antara, harga-harga beras yang mengalami penurunan di Pasar Mayestik antara lain jenis IR I (64) yang semula Rp10.000 menjadi Rp9.800
       
Kemudian beras IR II (64) yang semula RP9.500 menjadi Rp9.300 Selanjutnya beras IR III (64) dari harga semula Rp9.000 turun menjadi Rp8.800
       
"Walaupun turunnya baru sedikit, saya harap harga beras bisa kembali normal karena kami juga kasihan sama para pembeli," katanya.
       
Menurut Fauzi, kemungkinan penurunan tersebut juga disebabkan adanya penurunan harga yang juga terjadi di Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC).
       
"Kemungkinan imbas dari operasi pasar Bulog yang terus memasok beras di Cipinang dan bulan ini sudah mulai masuk panen raya," tuturnya.
       
Hal yang tidak jauh berbeda juga terjadi di Pasar Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, bahwa harga beras mulai mengalami penurunan sejak kemarin dengan rata-rata penurunan Rp200.

Pewarta: Benardy Ferdiansyah

Editor : Kalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015